Efektivitas Media Pembelajaran Maze Angka Dalam Peningkatan Hasil Belajar Bagi Anak Tunadaksa Kelas III (Single Subject Research di SLB Bina Bangsa Padang)

Ramadani Ramadani(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1180530.64

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah media pembelajaran maze angka evektif dalam peningkatan hasil belajar mengurutkan bilangan 1-10 bagi anak tunadaksa kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berupa Single Subject Research (SSR) menggunakan desain ABA. Dalam penelitiasn ini, analisis data yang dipakai adalah analisis visual grafik. Hasil perolehan data dari 15 pertemuan pada 3 kondisi yaitu baseline (A1) diperoleh 0%, 0%, 0%, 0%. Intervensi (B) mencapai 30%, 40%, 60%, 70%, 80%, 80%, 80%, 80%. Terakhir hasil pada baseline (A2) adalah 80%, 90%, 90%, 90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran maze angka evektif dalam peningkatan hasil belajar mengurutkan bilangan 1-10 bagi anak tunadaksa kelas III di SLB Bina Bangsa Padang.


Keywords


bilangan; media maze angka; tunadaksa

References


Asmadi, Iswari, M., & Ardisal. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Rak dari Kardus pada Anak Tunagrahita Ringan. 2(September), 770–781.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Badriyah, H. (2015). Jago Matika SD/MI Kelas 1. Jakarta: Lembar Langit Indonesia.

Marlina. (2021). Singel Subject Research Penelitian Subjek Tunggal. Depok: Rajawali Press.

Prastiwi, E. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Tentang Pengukuran Waktu Melalui Media Jam Ganda pada Siswa Cerebral Palsy Kelas IV di SLB Neeri 1 Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.

Puspitaningtyas, A. R., & Pratiwi, V. (2019). Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Pada Anak Autis Dengan Menggunakan Media Visual (Gambar). 101–109.

Rahayu, L., & Kesuma, C. (2014). Perancangan Animasi Interaktif Mengenal Jam Dan Waktu Guna Melatih Kecerdasan

Linguistik Anak Usia Dini. Evolusi, II(1), 66–72.

Rahman, Z., & Ardisal. (2019). Pengaruh Metode Tutorial Terhadap Keterampilan Sepeda Motor bagi anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 85–92.

Riyanto. (2020). Metode Riset Penelitain pendidikan Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. In Deepublish (Vol. 1).

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutini. (2009). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Pada Pengukuran Waktu Melalui Alat Peraga Jam Ganda Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV Semester II SDLB Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/ 2009.

Umihani, F. (2014). Hidup bersih dan Sehat di Rumah Buku Tematik Terpadu Kurikulum Pendidikan Khusus 2013

Tunagrahita Kelas 5. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Widada. (2014). Implementasi Pendidikan Agama Islam Adaptif Bgai Siswa SMALB Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. 02(01), 84–105.

Woo, M. (2019). Why Kids Still Needs Analog Clocks. Lifehacker.


Article Metrics

 Abstract Views : 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.