Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Deret ke Bawah dengan Teknik Meminjam melalui Block Dienes pada Anak Diskalkulia

Cici Rahmawati(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1175460.64

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa block dienes dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung untuk pengurangan deret ke bawah teknik pinjaman untuk anak dengan diskalkulia kelas IV di SD Negeri 17 Jawa Gadut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek tunggal melalui desain A-B-A. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis visual grafik. Dilakukan sebanyak 16 pertemuan. Hasil perolehan data dari kegiatan baseline awal (A1) adalah 0%, 0%, 0%, 0%. Intervensi (B) masing-masing mencapai hasil 20%, 30%, 50%, 65%, 75%, 80%, 80%, dan 80%. Kemudian pada baseline kedua (A2) hasilnya adalah 80%, 85%, 85%, 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam melakukan operasi hitung pengurangan deret ke bawah dengan metode peminjaman meningkat terlihat pada perolehan nilai yang anak dapatkan dalam setiap kondisi


Keywords


Operasi Hitung; Teknik Meminjam; Anak Diskalkulia, Block Dienes

References


Andajani, S. J. (2011). Penerapan pembelajaran orientasi dan mobilitas untuk pengembangan kompetensi guru pada taman kanak-kanak inklusif. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 150–157.

Atimaja, J. . (2018). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus.

Ian. (2011). Pengertian Penjumlahan dan Pengurangan, https://ian43.wordpress.com/tag/pengertian-penjumlahan. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar.

Marlina. (2021). Singel Subject Research Penelitian Subjek Tunggal. Rajawali Press.

Nurdin, N. (2017). Pengaruh Media Block Dienes Pada Penjumlahan Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri Barrang Lompo Kecamatan Kepulauan Sangkarrang.

Puspitaningtyas, A. R., & Pratiwi, V. (2019). Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Pada Anak Autis Dengan Menggunakan Media Visual (Gambar). 101–109.

Riyanto. (2020). Metode Riset Penelitain pendidikan Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. In Deepublish (Vol. 1).

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

 Abstract Views : 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.