PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYULAM DENGAN MODEL DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA

Syifa Rahmayani(1),
(1) Sultan Ageng Tirtayasa University  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1161310.64

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran keterampilan menyulam dengan model demonstrasi terhadap motorik halus siswa tunagrahita di Terapi Qurrota A’yun Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode pretest and posttest. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest. Subjek penelitian merupakan dua orang siswa tunagrahita di Terapi Qurrota A’yun Kabupaten Tangerang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang terdiri dari pengenalan alat dan bahan serta proses kegiatan menyulam. Data yang diperoleh dianalisis dan ditampilkan dalam bentuk diagram. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh atau peningkatan positif dari model demonstrasi terhadap motorik halus siswa dalam pembelajaran kegiatan menyulam. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan siswa K dan T sebelum diberikan perlakuan atau treatment dengan setelah diberikannya treatment yang dapat dibuktikan dengan skor persentase. Pada siswa K sebelum diberikan treatment berada pada persentase 69%, setelah diberikan treatment berada pada persentase 90,0%. Pada siswa T sebelum diberikannya treatment  berada pada persentase 75,7%, sedangkan setelah diberikan treatment berada pada persentase 84,8%. Hal ini menunjukkan bahwa model demonstrasi dapat meningkatkan motorik halus dalam pembelajaran keterampilan menyulam siswa tunagrahita di Terapi Qurrota A’yun Kabupaten Tangerang.

Keywords


Model Demonstrasi, Motorik Halus, Siswa Tunagrahita

References


Boesra, A.J. 2005. Teknik Dasar Menyulam Untuk Pemula. Tangerang: Agromedia Pustaka.

Kemis & Ati Rosnawati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Munzayanah.1996. MMP Pendidikan Seni dan Ketrampilan. Jakarta : Depdikbud.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruzz Media.

Supayati. 2011. Peningkatan Motorik Halus Melalui Pembelajaran Keterampilan Menyulam Bagi Anak Tunagrahita Ringan Dalam Proses Belajar Mengajar Di LBK Slb-C Shanti Yoga Klaten. Skripsi. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Suyitno, Amin. 2006 Penelitian Tindakan Kelas untuk Penyusunan Skripsi (Petunjuk Praktis). Semarang : UNNES.


Article Metrics

 Abstract Views : 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.