MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KINCIR PINTAR BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Oldy Firdianza(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1155010.64

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SLB N 1 Ranah Pesisir, permasalahannya adalah belum mampunya anak tunagrahita ringan kelas VIc dalam membaca teks literasi “benda-benda disekitar”. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kincir pintar bagi anak tunagrahita rimgan ( Single Subject Research kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir ). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan SSR ( Single Subject Research ) atau penelitian subjek tunggal, desain yang digunakan A-B-A, dan target behavior mampu membaca suku kata berpola VK-VK (vokal konsoanan-vokal konsonan) berawalan huruf “a”  yang dapat diamati, dekat dan sering dilihat subjek. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media kincir pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan. Berdasarkan analisis dalam kondisi dengan jumlah variabel yang dianalisis dengan hasil analisis dikecenderungan stabilitas pada kondisi A1 stabil, pada kondisi B tidak stabil tapi kemampuan subjek dalam membaca permulaan meningkat, pada kondisi A2 kemampuan membacanya stabil. Persentase overlap pada antar kondisi dijelaskan  pada kondisi baseline (A1) 12% dan kondisi (A2) 37%. Angka 100% membuktikan bahwa hipotesis diterima dan media kincir pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan.

Keywords


Media Kincir Pintar, Membaca Permulaan, Anak Tunagrahita Ringan.

References


Ardisal, A. budiman dan. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kokami bagi Anak Tunagrahita Ringan. Ranah Research, 3(2655–0865).

Asmiati, N. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagarahita ringan melalui metode kupas rangkai dengan teknik reposisi bunyi. UNIK, 4.

Elgita. (2020). Kintar(kincir pintar).

Laely, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Pendidikan, 7(2).

Mayasari, N. (2019). Layanan Pendidikan bagi Anak Tunagrahita dengan Tipe Down Syndrome. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 14(trisomi 21), 111–134.

Rochyadi, E. (2005). Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Pengantar Pendidikan Luar Biasa, 1–54.

Sunanto, J. (2005). pengantar penelitian dengan subjek tunggal. University of Tsukuba CRICED.


Article Metrics

 Abstract Views : 744 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.