Efektivitas Model Explicit Intruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding bagi Anak Tunarungu

Kiki Frizka Amelia(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1152500.64

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan tentang anak tunarungu di SLB Negeri 2 Padang kelas X dalam mengikuti pembelajaran keterampilan, pada saat pengamatan proses pembelajaran,terlihat siswa mengalami kesulitan atau sukar dalam menguraikan kembali langkah-langkah yang diterangkan oleh guru. Saat mengajar guru menggunakan metode ceramah, latihan dan juga penugasan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Model Explicit Intruction efektif untuk meningkatkan keterampilan membuat hiasan dinding bagi anak tunarungu kelas X B di SLB Negeri 2 Padang. Penelitianinimenggunakanmetodeeksperiment denganbentukpre-eksperimental designdenganjenisone group pretest-posttest design.Subjek penelitian ini lima orang siswa. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahapan awal untuk mengetahui nilai anak sebelum diberikan perlakuan (pre-test), tahap kedua yaitu  pemberian  perlakuan  (treatment) dalam keterampilan membuat  hiasan dinding dengan menggunakan model explicit intruction, selanjutnya tahap ketiga yaitu tes terakhir untuk mengetahui seberapa jauh akibat dari perlakuan yang sudah diberikan (post-test). Nilai dari pre-test dan post-test diuji dengan Wilcoxon Rank Test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model explicit intruction efektif untuk meningkatkan keterampilan membuat hiasan dinding bagi anak tunarungu kelas X di SLB Negeri 2 Padang.

Keywords


Keterampilan Vokasional, Membuat Hiasan Dinding, Tunarungu

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Istarani. (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Marlina. (2009). Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Novalia, A. R. (2020). 30 Kreasi Kertas untuk Dekorasi Rumah. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus: Cara Membantu Mereka Agar Berhasil Dalam Pendidikan Inklusif. Padang: UNP Press.

Wibowo, F. (2016). Efektivitas Metode Proyek Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Susu Kedelai Bagi Anak Tunarungu. Universitas Negeri Padang.

lmiye


Article Metrics

 Abstract Views : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.