Efektifitas Metode Role-Playing Untuk Menguragi Perilaku Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif

Rina Sastri Liana(1), Marlina Marlina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1152290.64

Abstract


 Pendidikan merupakan hak bagi seluruh generasi bangsa tanpa mengenal status ekonomi, sosial dan anak berkebutuhan khusus, sudah selayaknya pendidikan dapat dirasakan oleh semua kalangan, namun fakta dipedalaman menunjukan bahwa keberadaan sekolah masih terbatas, dalam satu wilayah hanya ada satu sekolah formal dan sangat sulit mendapatkan sekolah bagi anak berkebutuhan khusus, oleh karena itu sekolah formal harus mampu menjadi sekolah inklusi bagi para anak berkebutuhan khusus.  Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-eksperiment design), dengan tujuan untuk mengungkapkan pengaruh dan perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest-Post test Design. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP N 38 Aceh Tengah. yang terdiri dari dua kelas. Kelas IIIb sebagai kelompok eksperimen sebanyak 35 siswa termasuk ABK dan kelas IIIc sebagai Kelompok Kontrol sebanyak 35 siswa termasuk ABK. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistic uji t, dengan taraf signifikan 5% (= 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji t diperoleh nilai t-hasil 5.202 lebih tinggi daripada nilai ttabel 2.030 atau 5.202 <2.030 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen, kemudian nilai sig 0,00 berada dibawah nilai keritik (Alpa) 0.05 atau (0.00>0.05). Selain itu nilai rata-rata pada kelompok eksperimen memiliki penurunan angka pada prilaku bullying secara singnifikan sebanyak 14.30%, artinya metode role playing efektif dalam menguraingi perilaku bullying disekolah menengah pertama (SMP) negeri 38 Aceh Tengah.

Keywords


Bermain peran (role-Playing), prilaku bullying, sekolah inklusi

References


Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Artyarini, Oktapiani E, & Fatimah, S. (2018). Penerapan Teknik Role Playing Dalam Mengurangi PerilakuBullying Pada Peserta Didik MTS, Jurnal FOKUS IKIP Siliwang, 1 (3). 11

Faizah, Rahma, U & , Kurniawati, Y. (2018). Program Empathy Character Building Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Siswa SMP

Inklusi. Jurnal Humanitas Universitas Brawijaya Malang, 15 (2) 137-144

Harsono B, Soesanto, Samsudi, (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal PTM, 9 (2). 71

https://www.tribunnews.com/regional/2020/02/14/korban-bullying-di-purworejo-ternyata-anak-berkebutuhan-khusus-akui-sering-ditendangi-teman

Marlina & Sakinah, D N. (2008). Perilaku Bullying Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif Kota Padang. Jupekhu universitas negeri padang, 6 (1) 5. Open acces jurnal: ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu.

Marlina. (2006). Tingkat Penerimaan Teman Sebaya Pada Siswa Berkesulitan Belajar Disekolah Inklusi, jurnal pendidikan khusus, 2(1), 104

Marlina. (2014). Kelompok Teman Sebaya, Popularitas dan Preferensi Sosial Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Inklusif. Penlitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa., volume 1.(ISSN: 2355-746X).

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Pendekatan Psikoedukasional. UNP Press.

Mulyono., & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9). Gawe Buku.

Yuyarti, (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter, Universitas Negeri Semarang Jurnal Kreatif 8 (2), 173


Article Metrics

 Abstract Views : 550 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.