Peningkatan Pembelajaran Mengenal Benda Peninggalan Sejarah dengan Menggunakan Field Trip Method bagi Anak Tunadaksa

Annisa Aprilia Putri(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1151560.64

Abstract


Penelitian ini memaparkan tentang peningkatan pembelajaran mengenal benda peninggalan sejarah dengan menggunakan field trip method bagi anak tunadaksa kelas IV. Permasalahan yang ditemukan peneliti di kelas IV SLB Negeri 1 Lubuk Sikaping adanya tiga orang anak tunadaksa yang berinsial M, R dan Y, dimana anak belum memahami materi pembelajaran mengenal benda peninggalan sejarah. Proses dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan menggunakan media berupa kartu gambar yang diperlihatkan kepada anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat proses pelaksanaan mengenalkan benda peninggalan sejarah dengan menggunakan field trip method dan melihat apakah dengan menggunakan field trip method dapat terjadinya peningkatan pembelajaran mengenal benda peninggalan sejarah kepada anak cerebral palsy. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian terbagi menjadi dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dideskripsikan dalam bentuk narasi yang dilengkapi dengan grafik dari hasil peninggkatan pembelajaran mengenal benda peninggalan sejarah. pelaksanaan dalam siklus I anak memproleh hasil M 51%, R 62% dan Y 55%. Pelaksanaan dalam siklus II anak memperoleh hasil M 85%, R 89% dan Y 86%. Dari perolehan hasil dapat disimpulkan bahwa dapat terjadinya peningkatan pembelajaran mengenal benda peninggalan sejarah dengan menggunakan field trip method bagi anak tunadaksa.

Keywords


Benda peninggalan sejarah, field trip method, tunadaksa

References


Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/1062/983

Himayuri. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Penggunaan Metode Karyawisata Bagi Siswa Tunagrahita Kelas Iii Sdlb Di Skh. Ykdw 01 Kota Tangerang. Jurnal UNIK Pendidikan Luar Biasa, 15, 1–14.

Ida bagus Nyoman Wartha. (2016). Manfaat Penting “Benda Cagar Budaya” Sebagai Peninggalan Sejarah/Arkeologi Untuk Kepentingan Agama,Sosial Budaya, Sosial Ekonomi, Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan (Studi Kajian Budaya). Jurnal Santiaji Pendidikan, 6, 189–196.

Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. CV IRDH: Malang.

Muhammad, D. N. (2013). Penerapan Metode Karya Wisata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan, 1(2), 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/250887-penerapan-metode-karya-wisata-untuk-meni-2cb2a0d0.pdf

Nurhastuti. (2019b). Perspektif Pendidikan Anak Tunadaksa. Universitas Negeri Padang: Padang.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulthon. (2020). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. PT Raja Grafindo Persada: Depok.

Tika Oktaviana, D. (2018). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 36–42.


Article Metrics

 Abstract Views : 288 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.