Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Asli Menggunakan Media Sempoa Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Novita Sari Dewi(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1148460.64

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektif atau  tidaknya media sempoa dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan asli bagi anak Tunagrahita kelas 3 di SLB N 1 Kubung. Penelitian ini (SRR) berupa analisis gravik. Hasil analisis data pertemuan, yang mana yaitu baselibe (A1) dengan perolehan hasil persentase yaitu : 20%, 20%, 10%, 10%, 10%. Pada kondisi intervensi (B) dengan perolehan persentase : 60%, 60%, 70%, 80%, 90%, 90%, 90%. Terakhir pada kondisi baseline (A2) perolehan persentase yaitu : 90%, 80%, 90%, 90%, 90%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penjumlahan meningkat setelah menggunakan media sempoa pada anak Tunagrahita Ringan kelas 3 di SLB N 1 Kubung.


Keywords


Penjumlahan bilangan, Media Sempoa, Anak Tunagrahita

References


Abdurahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aisyah Siti, (2007). Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Arifin. (2016). Pengaruh modifikasi permainan lempar tangkap bola terhadap koordinasi gerak manipulatif anak tunagrahita ringan siswa SMPLB-C ALPHA kumara wardhana II Surabaya. Jurnal kesehatan olahraga. Vol. 07. No. 3

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad Azhar, (2006). Media Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Edu. (2003). Cara Mudah Belajar Sempoa Jilid 1. Jakarta: Buana Ilmu Populer.

Heny Sutanti. (2014). Peningkatan prestasi belajar operasi hitung penjumlahan bilangan cacah menggunakan pendekatan teori belajarjeromes bruner pada siswa kelas I SDN 1 Gentan, Gantiwarno Klaten. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Klaten

Isnawati. (2020). Meningkatkan kemampuan nelajar matematika materi operasi bilangan asli dengan penggunaan media gambar pada siswa kelas II SDN Sikur. Journal Transformation of Mandalika (JTM), Vol.1 No. 2. ISSN: 2745-5882

Johandri Taufan. (2018). Penanganan Perilaku Seksual Pada Remaja Tunagrahita di Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu Kalumbuk Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. Volume 2. Nomor II

Kanduo, S. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.


Article Metrics

 Abstract Views : 410 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.