Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Bunga dari Daun Sirsak melalui Media Video Tutorial bagi Anak Tunarungu SMPLB

Vivi Wahyuni(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1147420.64

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Serasih Payakumbuh. Pada hari pertama, peneliti mewawancarai kepala sekolah dan guru kelas dan menemukan bahwa ada dua gangguan pendengaran di Kelas VIII. Melalui wawancara, para siswa ini mudah bosan dengan kegiatan yang dilakukan selama proses pembelajaran, terutama jika tidak ada guru yang mengawasi dan menemani mereka dalam kegiatan kejuruan mereka. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan vokasional siswa tunarungu dalam membuat bunga dari daun sirsak di SLB Serasih Payakumbuh.


Keywords


flowers, soursop leaves, deaf students

References


Arikunto. (2013). Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Humaira, D., Fatmawati, F., & Zulmiyetri, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Sabiluna Pariaman. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3).

Noverina, A. (2012). Khasiat Fantastis Sirsak VS Srikaya. Jakarta : Grasindo.

Putri, R. E., & Iswari, M. (2018). Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaus Kaki Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 178–185.

Sari, D. M. (2013). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pangkas Rambut Lanjutan Berbasis Komputer Program Studi Tata Rias Rambut. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 1–130.

Subarnas, N. (2006). Terampil Berkreasi. Bandung : Grafindo Media Pratama.

Sumekar, G. (2009).Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Wibowo, F. (2016). Efektivitas Metode Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Susu Kedelai bagi Anak Tunarungu. Padang: UNP.


Article Metrics

 Abstract Views : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.