Pembuatan Video Modeling Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Seragam Sekolah Bagi Siswa Gangguan Spektrum Autisme Pasca Sekolah

Mutiara Ayunda(1), Rahmahtrisilvia Rahmatrisilvia(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1147040.64

Abstract


Berangkat dari fenomena bahwa anak GSA merupakan anak dengan gaya belajar visual, maka peneliti membuat sebuah video pembelajaran keterampilan yaitu video modeling pembuatan seragam sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk   merumuskan pembuatan video modeling  yang dapat membantu anak GSA dalam membuat seragam sekolah. Untuk merumuskan pembuatan video modeling pembuatan seragam sekolah berdasarkan pada tahapan guru dalam mengajarkan keterampilan dan berdasarkan pemahaman anak gangguan spektrum autisme dalam keterampilan membuat seragam sekolah. Video modeling pembuatan seragam sekolah di validasi oleh 7 orang ahli yang terdiri dari 1 orang ahli tata busana, 2 orang ahli DKV, 1 orang ahli PLB, 2 orang guru kelas anak GSA dan 1 orang guru keterampilan menjahit. Hasil validasi menunjukkan bahwa video modeling pembuatan seragam sekolah memenuhi kriteria yang sesuai dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video modeling pembuatan seragam sekolah layak untuk di gunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa GSA.


Keywords


Video Modeling, Seragam Sekolah, GSA

References


Andri Dwi Hernawan. 2018. Risk Factors of Autism Spectrum Disorder (ASD). Semarang: Unnes Journal of Public Health

Farooq, G. 2011. “Evaluation of Curriculum of Vocational Subjects for Hearing Impaired Children”. Volume 3, No. 5. Interdiciplinary Journal of Contemporary Research in Business

Gerber, EM., Lewis, DR., & Easterday, MW. (2014). Design-Based Research Process: Problems, Phases, Applications.Northwestern.edu. Northwestern University, Evanston, IL

Julie Shattuck & Terry Anderson. 2013. Using a Design-Based Research Study to Identify Principles for Training Instructors to Teach Online. Volume 14, Number 5. Athabasca University Press (AU Press)

Rahmahtrisilvia, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi pada Anak Autistik Menggunakan Dukungan Visual. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 128-136.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syafril. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana


Article Metrics

 Abstract Views : 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.