Profil Siswa Tunarungu Berprestasi di Bidang Teknologi Informasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Annisa Putri Annisa(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1146440.64

Abstract


 Penelitian ini dilatar belakang tentang temukan yang penulis permasalah di SLB YPAC Sumatera Barat. Penelitian ini mendeskripsikan tentang seseorang siswa A yang memiliki keterbatasan dengan hambatan mendengaran memiliki masalah sehingga terlambat bicara dibanding siswa normal. tetapi hal ini tidak membuat siswa dengan hambatan mendengaran A berhenti untuk mengukir prestasi dan A mempunyai mimpi besar ia raih, sehingga menjadi dorongan dalam berprestasi ditingkat provinsi Sumatera Barat pada cabang teknologi informasi. Penelitian ini penjelaskan ini ditemukan seorang siswa dengan hambatan pendengar (A) yang meraih prestasi yang membanggakan dibidang teknologi informasi yaitu menggunakan perangkat komputer Use Case Diagram, Database dan Entity relationship Diagram.


Keywords


Teknologi Informasi, Prestasi, Tunarungu.

References


Anggraini, V. N., & Ardisal. (2020). Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Sepatu Rajutan Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 2 (2)(2), 325–331.

Arifianto. (2016). Implementasi Metode Penelitian Studi Kasus Dengan Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta.

Fatmawati.(2013). Profesional Guru Pada Pendidikan Anak Gangguan Intelektual. Pedagogi. Juenal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 118–123.

Maryono, Y., & B. Patmi, I. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi Cetakan Pertama. bandung: Quadra.

Nurhastuti, & Iswari, M. (2019). Pelatihan Produksi Mahar Pernikahan Dari Uang Kertas Untuk siswa Tunarungu. UNES Journal of Community Service, 4(1)(1), 23–30.

Sutabri, & Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.


Article Metrics

 Abstract Views : 215 times

Refbacks



Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.