Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Tunagrahita di SLBN 1 Kubung

Gintan Novia Wulandari(1), Martias Z(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1145870.64

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari guru pendidikan agama islam yang mengajar di kelas yang terdapat berbeda hambatan. Pelaksanaan pendidikan agama islam yang diberikan guru terhadap peserta didik tunagrahita, yang menunjang keberhasilan mereka terhadap kebiasaan keagamaan sehari-hari mereka, pembentukan kebiasaan yang baik bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran yang diberikan guru pendidikan agama islam terhadap peserta didik tunagrahita di SLBN 1 Kubung Kabupaten Solok. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian yaitu  guru pendidikan agama islam. Tujuan utama penelitian ini menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat tentang proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam di SLBN 1 Kubung. Data yang diperoleh dan dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang didapatkan kemudian dianalisis dan disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini tentang perencanaan pembelajaran berupa menyiapkan RPP, Silabus yang dibuat berdasarkan kurikulum 2013 yang digunakan sekolah. Merencanakan pembelajaran sesuai dengan kondisi, kemampuan dan kebutuhan masing-masing peserta didik. Selanjutnya tentang cara guru dalam mengajar peserta didik tunagrahita ringan dengan terstruktur, meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar dengan menggunakan media dan cara mengajar yang menarik. Selanjutnya kendala yang dihadapi guru dalam menentukan pembelajaran yang cocok bagi peserta didik, penguasaan materi pembelajaran yang lama  bagi peserta didik tunagrahita, dan pengelolaan kelas karena dalam satu kelas tedapat bereda hambatan.


Keywords


how to teach, mild mental retardation, Islamic religious education.

References


Ahmadi, R. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Anitah, W. sri. (2013). Strategi Pembelajaran. 1575.

Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Azis, R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: SIBUKU.

Hamalik, O. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanah, H. (2017). Teknik teknik observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardalis. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhaimin. (2009). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nadzir, M. (2013). Rencana Pembelajaran Berbasis Karakter. Pendidikan Agama Islam, 02, 339352.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rofiq, M. N. (2010). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Falasifa, 1(1), 114.

Rohman, M. (2018). Konsep tujuan pendidikan islam perspektif nilai-nilai sosial kultural. 9(I), 2135.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

 Abstract Views : 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.