Meningkatkan Keterampilan Memasak Rendang Pakis Menggunakan Video Tutorial pada Peserta Didik Tunarungu
(1) Universitas Negeri padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1145500.64
Abstract
Penelitian ini berfokus pada peningkatan kemampuan memasak rendang pakis menggunakan media video tutorial. Dilakukannya penelitian bertujuan mencari tahu bagaimana peningkatan kemampuan peserta didik tunarungu setelah menggunakan video tutorial. Jenis penelitian tindakan kelas yang merupakan metode penelitian serta pendekatan yang digunakan adalah pendekan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 3 orang peserta didik tunarungu. Teknik analisis data yang dipakai oleh peneliti adalah mengumpulkan data, mereduksi serta menarik kesimpulan. Kegiatan dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya diawali dengan mengumpulkan data, melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan serta refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh peserta didik pada siklus I mengalami peningkatan, tetapi masih ada beberapa langkah-langkah yang perlu diperbaiki sehingga dilanjutkan siklus II. Pada siklus II peserta didik sudah mengalami peningkatan dan telah nilai yang diperoleh telah mencapai batas KKM. Jadi terbukti bahwa keterampilan memasak rendang pakis mengalami peningkatan yang signifikan menggunakan media video tutorial pada peserta didik tunarungu.
Keywords
Keterampilan, Rendang Pakis, Video Tutorial, Tunarungu
References
Amelia, E. (2018). Efektifitas Media Video Tutorial Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Nugget Ikan Lele Bagi Anak Tunarungu. 1–7.
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Rajawali Press.
Ramadanty, E. P., & Efendi, J. (2021). Meningkatkan Keterampilan Merangkai Bunga Melalui Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas X SLB Al – Azhar Bukittinggi. 9, 1–8.
Article Metrics
Abstract Views : 145 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.