Pengaruh Intervensi Metode Applied Behavior Analysis Terhadap Kemampuan Imitasi Anak Gangguan Spektrum Autisme di SLB Autisma YPPA Padang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1144930.64
Abstract
Berangkat dari fenomena bahwa metode ABA merupakan metode intervensi anak GSA di SLB Autisma YPPA Padang. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara kuantitatif apakah ada pengaruh intervensi metode ABA terhadap kemampuan imitasi anak GSA. Pengumpulan data di lakukan secara survey kuantitatif dengan mengumpulkan informasi dari dokumen sekolah. Data dalam penelitian ini yaitu hasil dari intervensi empat kemampuan dasar atau imitasi anak GSA di SLB Autisma YPPA Padang. Dapat di jelaskan empat kemampuan dasar itu adalah kemampuan motorik kasar, imitasi tindakan terhadap benda, kemampuan motorik halus, dan kemampuan motorik mulut. Tingkat dari keberhasilan metode ABA ini dilihat dari factor berat ringan autisme pada anak. Berdasarkan derajat berat ringannya gangguan autisme pada anak dari hasil penelitan yang di lakukan berat ringannya gangguan yang di alami anak berpengaruh terhadap keberhasilan suatu intervensi yang diberikan karena anak yang mengalami autisme ringan lebih cepat untuk bisa menguasai imitasi yang diberikan dengan metode ABA dibandingkan anak yang mengalami gangguan sedang butuh waktu lebih untuk menguasainya.
Keywords
References
Rahmahtri Silvia. 2015 Peningkatan Kemampuan Komunikasi pada Anak Autistik Menggunakan Dukungan Visual. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol XV. No 1.
Sugiyono. 2016. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
…… 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutadi. (2014). Mengajar dan Melatih Bicara Pada Penyandang Autisme Dengan Smart ABA.Tangerang, www.kidaba.com.
Yuwono, J. 2009. Memahami anak autistic. Bandung: CV Alfabeta.
Article Metrics
Abstract Views : 327 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.