Efektivitas Media Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Mewarnai Masker Motif Batik Teknik Ikat Celup (Tie Dye) Bagi Anak Tunarungu (Quasi Eksperimen Kelas VII di SLB Negeri 2 Padang)

Kintan Annisa Illahia(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1144330.64

Abstract


Penelitian ini membahas keterampilan vokasional mewarnai masker (tie dye) bagi anak tunarungu. Jenis penelitian ini eksperimen untuk membuktikan bahwa media video tutorial efektif dalam keterampilan mewarnai masker tie dye bagi anak tunarungu kelas VII di SLBN 2 Padang. Penelitian ini berbentuk Quasi Eksperimen dengan jenis one group pretest and posttest design. Subjek penelitian sebanyak 5 orang anak tunarungu dengan menggunakan test perbuatan. Nilai dari hasil pretest dan posttest diolah menggunakan uji Wilcoxon sign rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan vokasional ini  mengalami peningkatan. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pretest 36,20 dan posttest 60,80. Nilai rank test antara pretest dan posttest 2,032 dengan Asym Sig. (2 tailed) 0,042, probabilitas yang telah ditetapkan α = 0,05. Hipotesis diterima probabilitas (0,042) < dari probabilitas yang telah ditetapkan 0,05. Jadi terbukti bahwa penggunaan media video tutorial efektif digunakan untuk keterampilan vokasional mewarnai masker motif batik teknik ikat celup (tie dye) bagi anak tunarungu.


Keywords


Keterampilan, Masker Tie Dye, Video Tutorial, Anak Tunarungu

References


Aini, N., Kusumawardani, H., & Hadijah, I. (2019). Pelatihan Keterampilan Produktif Pembuatan Tie Dye (Ikat Celup) Bagi Ibu-Ibu PKK RW XI Kelurahan Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kotamadya Malang. Karinov, 2(2), 127–133.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Iswari, M. (PLB F. U. N. P. (2007). Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Repository.Unp.Ac.Id. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/1019/1/MEGA ISWARI_286_09.pdf

Melati, D. L., Minarsih, M. M., & Fathoni, A. (2016). Pengaruh Pendidikan, Keterampilan, Basic Skill Terhadap Karir Untuk Keinginan Berpindah Kerja (Studi Empiris di Kelurahan Jatingaleh Kecamatan Candisari Kota Semarang). Journal Of Management, 2(2).

Pratama, A., & Efendi, J. (2019). Pengaruh Model Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Kotak Tisu dari Kain Flanel bagi Anak Tunarungu Kelas VIII SLB Perwari Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 183–189.

Putri, R. E., & Iswari, M. (2018). Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaus Kaki Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 178–185.

Putri, S. I. (2020). Studi Literatur: Efektivitas Penggunaan Masker Kain dalam Pencegahan Transmisi Covid-19. Jurnal Kesehatan Manarang, 6(khusus), 10.

Ririrn Linawati. (2012). Penerapan Metode Mathernal Reflektif Dalam Pembelajaran Berbahasa Pada Anak Tunarungu Di Kelas Persiapan Slb Negeri Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.15294/ijeces.v1i2.9210

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk. Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839


Article Metrics

 Abstract Views : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.