Penggunaan Metode Pembelajaran Langsung dalam Meningkatakan Keterampilan Vokasional Membuat Brownies Kukus pada Anak Tunarungu kelas XI di SLBN 2 Padang

Dian Putri Pramiandari(1), Marlina Marlina(2),
(1) Universitas Negeri padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1141190.64

Abstract


Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di Sekolah Luar Biasa Negeri 2  Padang, anak kesulitan dalam keterampilan tata boga karena guru kurang ikut serta  saat anak  melakukan proses pembelajaran disekolah. Penelitian ini berjuan untuk meningkatkan keterampilan vokasional anak tunarungu, metode peneliti gunakan adalah metode ekprimen dengan pendekatan Single Subject Research, desain yang digunakan yaitu A-B-A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi langsung dan tes. Subject pada penelitian ini anak tunagrahita sedang kelas XI di SLBN 02 Padang. Hasil penelitian ini menunjukan kondisi kemampuan anak tunagrungu menggunakan metode pembelajaran langsung positif pada kemampuan keterampilan vokasional anak.


Keywords


Keterampilan Vokasional, Metoda pembelajaran Langsung, Anak Tunarungu

References


Anitah, S. (2007). Strategi pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Marlina, M., & Kusumastuti, G. (2019). Social participation of students with special eucational needs in inclusive elementary schools. Specialusis Ugdymas/Special Education, 1(39), 121–131.

Pratama, R., & Kasiyati, K. (2018). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Terarium Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 43–48.

Riyani, I., Abdurahman SR, M., & Tarsidi, I. (2016). Keterampilan Vokasional Pembuatan Telur Asin Bagi Anak Tunagrahita Ringan SMALB di SLB C YPLB Kota Bandung. JASSI ANAKKU, 17(1), 26–33.

Sulfanita, S., & Zulmiyetri, Z. (2018). Pengaruh Model Explicit Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tempe bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 303–307.

Wikasanti, E. (2014). Pengembangan Life Skill Untuk Anak berkebutuhan Khusus. Maxima.


Article Metrics

 Abstract Views : 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.