Efektivitas Penggunaan Media Magnetik Maze untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf bagi Anak Kesulitan Belajar Membaca

Nadia Fitri Yuni(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan media magnetik maze efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf bagi anak kesulitan belajar membaca.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperiment dimana desain yang dipakai adalah desain one group pretest-posttest. Penelitian ini mengukur perlakuan sebelum treatment (O1) dan sesudah treatment (O2). Data yang diperoleh diolah menggunakan rumus Wilcoxon sign rank test, dengan α = 0,05. Berdasarkan analisis data yang diolah dengan  rumus Wilcoxon sign rank test diperoleh nilai T akhir adalah 0. Dengan perbandingan Thitung ≤ Ttabel, taraf signifikan = 0,05 dan N= 7, untuk Ttabel = 2 dan Thitung = 0, maka didapat perbandingan 0 ≤ 2 maka Ha diterima dan Ho ditolak dari pengolahan data tersebut dapat disimpulkan penggunaan media magnetik maze efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf bagi anak kesulitan belajar membaca kelas III SD Negeri 15 Unggan Kabupaten Sijunjung.


Keywords


Media Magnetik Maze, kemampuan mengenal huruf, anak kesulitan belajar membaca.

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar (1st Ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Instrumen Pemgumpulan Data. Sorong.

Ariyanti, U. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Alfabet Dengan Alat Peraga Kartu Huruf Kelompok B Di Ra Assolihin Kec. Bawen Kab. Semarang Tahn Pelajaran2016/2017.

Dianmarta, A. (2017). Media Maze Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Tunagrahita. 3, 3–5.

Hidayat, A. (2012). Penelitian Eksperimen.

Jaedun, A. (2011). Oleh : In Metodologi Penelitian Ekperimen (Fakultas T, Pp. 0–12). Yogjakarta.

Kawuryan, F. (2012). Pengaruh Stimulasi Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Disleksia. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1).

Pratiwi, I., Syafdaningsih, & Rukiyah. (2018). Pengembangan Alat Bermain Papan Magnetik Maze Untuk Anak. Cakrawala Dini:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2).

Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Widyorini, Endang danTiel, julia maria van. Disleksia. Jakarta : Kencana


Article Metrics

 Abstract Views : 360 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.