Efektivitas PECS untuk Meningkatkan Komunikasi Verbal pada Anak Autis

Lussyatin Zanuir(1), Marlina Marlina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1141110.64

Abstract


Salah satu hambatan yang dialami oleh anak autisme yaitu kemampuan komunikasi yang rendah. Baik dalam komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal. Permasalahan ini ditemukan di SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang dimana anak autis berumur 8 tahun memiliki kemampuan yang rendah dalam berkomunikasi verbal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh PECS (Picture Exchange Communication System) dalam meningkatkan komunikasi verbal anak autis di SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Penelitian ini difokuskan pada meningkatkan persentase kemampuan komunikasi verbal anak dalam mengidentifikasi benda. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Single Subject Research dengan desain A-B-A. Kondisi baseline A1 terdiri dari lima kali pertemuan, kondisi intervensi terdiri dari delapan kali pertemuan, dan kondisi baseline A2 terdiri dari lima kali pertemuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pencatatan data dengan menghitung persentase berdasarkan pengamatan langsung. Data di analisis menggunakan analisis visual dan grafik. Hasil penelitian menyatakan bahwa PECS (Picture Exchange Communication Dapat meningkatkan presentase kemampuan komunikasi verbal anak autis dalam mengidentifikasi benda.


Keywords


Anak autis, picture exchange communication system, komunikasi verbal

References


Marlina, Marlina., Elsa Efrina, G. K. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Isyarat Kata Kunci sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbahasa pada Anak Autis Usia Dini. Padang.

Marlina, M. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus: Pendekatan Psikoedukasional Edisi Revisi. Padang: UNP Press.

Marlina, Marlina. (2021). Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Khusus.

Marlina, Marlina, & Mukhsim. (2020). Asesmen Akademik: Panduan Praktis bagi Guru dan Orangtua (1st ed.). Retrieved from http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26847

Fajar, M. (2009). Imu Komunikasi Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Handoyo, Y. (2003). Autisme. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Haryana. (2012). Pengembangan Interaksi Sosial dan Komunikasi Anak Autis : Materi Pokok Program E-Training Kompetensi Pengembangan Interaksi dan Komunikasi bagi Siswa Autis bagi Guru Sekolah Luar Biasa. Bandung: Kemendikbud.

Hasibuan, I. T. (2020). Ekspresi Emosi Anak Autis dalam Berinteraksi Sosial di Sekolah. Jurnal Basicedu, 175-182.

Kumiko YOKOYAMA, N. N.-i. (2006). Teaching Verbal Behavior Using the Picture Exchange Communication System (PECS) With Children With Autistic Spectrum Disorders. The Japanese Association of Special Education, 486-503.

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. University of Tsukuba.

Tarigan, A. F., & Marlina, M. (2019). Pola Interaksi Sosial Anak Autis Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Padang. Pakar Pendidikan, 17(2), 43-52.

Trimailaini, R. (2015). Efektivitas PECS untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB (Single Subject Research di SLB YPPLB Padang). Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 445-452.

Yuwono, J. (2012). Memahami Anak Autis. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

 Abstract Views : 784 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.