MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMASANG BAJU BERKANCING MELALUI MEDIA BONEKA UNTUK ANAK DOWNSYNDROME

Ahmad Helmi Yuzairi Daulay(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1140950.64

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan Yayasan Karya Inpirasi Mandiri. Dari satu orang siswa mengalami masalah dalam kemmapuan memasang baju berkancing. Selama ini guru menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaran kemampuan memasang baju berkancing. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media boneka. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan anak dalam memasang baju berkancing meningkat dibandingkan sebelum menggunakan media boneka. Terbukti dari hasil penelitian media boneka dapat meningkatkan kemampuan memasang baju berkancing.


Keywords


Downsyndrome, memasang baju berkancing, media boneka.

References


Arikunto, Suhardjono & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Daryanto.(2013).Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media

Kemis. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta: Luxima

Rohmadheny, P. S. 2016. Studi Kasus Anak Down Syndrome. Jurnal Care, 3(3), 67–76.

.Sudrajat, D., & Rosida, L. (2018). Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). Bandung: PT. Luxima Metro Media.

Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Rafika Aditama

Sugiyono .2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta


Article Metrics

 Abstract Views : 173 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.