MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMASANG BAJU BERKANCING MELALUI MEDIA BONEKA UNTUK ANAK DOWNSYNDROME
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1140950.64
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan Yayasan Karya Inpirasi Mandiri. Dari satu orang siswa mengalami masalah dalam kemmapuan memasang baju berkancing. Selama ini guru menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaran kemampuan memasang baju berkancing. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media boneka. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan anak dalam memasang baju berkancing meningkat dibandingkan sebelum menggunakan media boneka. Terbukti dari hasil penelitian media boneka dapat meningkatkan kemampuan memasang baju berkancing.
Keywords
References
Arikunto, Suhardjono & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Daryanto.(2013).Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media
Kemis. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta: Luxima
Rohmadheny, P. S. 2016. Studi Kasus Anak Down Syndrome. Jurnal Care, 3(3), 67–76.
.Sudrajat, D., & Rosida, L. (2018). Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). Bandung: PT. Luxima Metro Media.
Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Rafika Aditama
Sugiyono .2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Article Metrics
Abstract Views : 173 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.