Pelaksanaan Teknik Discrete Trial Training (DTT) pada Intervensi Bahasa Reseptif bagi Anak Gangguan Spektrum Autisme (GSA) di SLB Autisma YPPA Padang

Suci Hidayati(1), Rahmahtrisilvia Rahmatrisilvia(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1140620.64

Abstract


Berangkat dari fenomena bahwa teknik DTT meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak GSA di SLB Autisma Padang. Sehingga, penelitian ini bertujuan melihat bagaimana pelaksanaan DTT secara langsung dan deskriptif. Dalam mengumpulkan informasi tersebut dibantu dengan menggunakan penelitian survey kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi kegiatan DTT . Data dalam penelitian ini adalah pelaksanaan dalam teknik DTT pada intervensi bahasa reseptif bagi anak GSA. Hasil penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan teknik (DTT) pada bahasa feseptif bagi anak GSA di SLB Autisma YPPA Padang. Secara jelas dijelaskan bahwa pelaksanaan DTT ini dilakukan dengan 3 tahap yaitu stimulus, respon, dan konsekuensi serta melakukan prompt, siklus, penilaian, dan evaluasinya. Dimana pompt dilakukan pada instruksi ketiga pada satu siklus, siklus ada empat dengan 12 instruksi, penilaiannya diam (-), salah (X), benar (+), prompt (P), serta evaluasinya dilakukan feedback atau pengulangan kembali. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan dapat meihat secara ringkas dan tepat menegenai pelaksaan teknik DTT ini.


Keywords


DTT, GSA

References


Aditya, Muhammad, and Sofyan Musyabiq Wijaya. 2017. “Hubungan Antara Diet Gluten Free Casein Free ( GFCF ) Dengan Asupan Makanan Dan Aktivitas Fisik Anak Autis Di SLB Insan Madani Dan Pusat Layanan Autis Kota Metro Tahun 2016.” JK Unila 1(3): 553–57.

Aman. 2007. “Disampaikan Dalam Acara Diklat Penulisan Skripsi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Yang Diselenggarakan Oleh HIMA Pendidikan Sejarah FISE UNY Pada Tanggal 23 Mei 2007. 1 1.” : 1–11.

Cahyanti, Mika Nur, Imanuel Hitipeuw, and Abdul Huda. 2014. “Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Dan Reseptif Anak Autis Dengan Menggunakan Pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis).” Jurnal P3LB 1(2): 125–29.

Hamdan, Mohammed Akram. 2018. “Developing a Proposed Training Program Based on Discrete Trial Training (DTT) to Improve the Non-Verbal Communication Skills in Children with Autism Spectrum Disorder (ASD).” International Journal of Special Education 33(3): 579–91.


Article Metrics

 Abstract Views : 495 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.