Meningkatkan Kemampuan Menunjuk Hewan Melalui Media Miniatur Bagi Anak Autism Spectrum Disorder (Single Subject Research di Kelas II Sekolah Alam Langit Biru Bengkulu)

Krisna Tri Nugroho(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1138960.64

Abstract


Penelitian ini membuktikan tentang peningkatan kemampuan menunjuk hewan pada anak autism spectrum disorder setelah diberikan intervensi menggunakan media miniatur. Anak autism spectrum disorder tersebut kesulitan dalam menunjuk hewan yang ada di sekitarnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan apakah media miniatur efektif dalam meningkatkan kemampuan menunjuk hewan bagi anak autism spectrum disorder. metodelogi pada penelitian ini adalah Single Subject Reasearch (SSR) dengan design penelitian ABA. Analisis datanya menggunakan teknik analisis visual grafik. Hasil Penelitian menunjukkan peningkatan, terlihat dari mean A1 (0), B (67,5) dan A2 (100). Menurut data, penggunaan media miniatur dapat meningkatan kemampuan menunjuk hewan anak autism spectrum disorder.

Keywords


Gangguan Spektrum Autis; Miniatur; Menunjuk Hewan

References


Febrician, R., & Damri. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Papan Bilangan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2), 97–102.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Mardhiah, A., & Ali Akbar, S. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 1–102. https://doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173

Rahayu, S. M. (2014). Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2900

Riyanto. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. deepublish.

Sanna, J. B., & Nursalim, M. (2018). Jawab Pribadi Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 34 Surabaya Penerapan Konseling Kelompok Teknik Kontrak Perilaku untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Pribadi Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 34 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 8(1), 121–124.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. In CRICED University of Tsukuba.


Article Metrics

 Abstract Views : 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.