EFEKTIVITAS DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF INCOMPATIBLE BEHAVIOR DALAM MENGURANGI PERILAKU BERKATA KASAR PADA ANAK TUNALARAS DI TK BUNDO KANDUANG PAYAKUMBUH
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1138850.64
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas reinforcement of incompatible behavior (DRI) untuk mengurangi perilaku berkata kasar pada anak tunalaras. DRI merupakan proses modifikasi perilaku yang dilakukan dengan cara perilaku yang bermasalah dihilangkan beriringan dengan memperkuat perilaku lain. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain single case A-B yang akan diuji pada anak yang memiliki hambatab atau masalah dalam emosi dan perilaku (tunalaras). Instrument yang digunakan pada penelitian ini merupakan instrumen frekuensi. Penelitian juga melibatkan operant extinction dan reinforcement pada proses intervensi. Hasil penelitian menggambarkan bahwasanya ada penurunan perilaku berkata kasar pada anak tunalaras setelah menjalani intervensi perilaku dengan menggunakan DRI.
Keywords
References
Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus.
Ahsan, M. (2015). Physical, Verbal, Anger and Hostility Aggressiveness in University’s Physical Education Students. International Journal of Sports and Physical Education, 1(2), 20–23.
E. Purwanta. (2012). Modifikasi Perilaku (alternatif penanganan anak berkebutuhan khusus). pustaka pelajar.
Emily, P., & Mclaughlin, T. F. (2014). International Journal of English and Education. International Journal of English and Education, 3(2), 581–584.
Fatmawati, T. O. (2021). Pravelensi Anak Berkebutuhan Khusus di Kecamatan Matur. 5, 96–102.
Faz, G. O. (2015). Penerapan Metode Modifikasi Perilaku Pembentukan (Shaping) Untuk Membentuk Perilaku Sosial Anak Dengan Ketidak-Mampuan Intelektual Ringan. Psikologi Tabularasa, 10(2), 236–247.
Firnady, D. A., & Boediman, L. M. (2019). The Effectiveness of Antecedents, Control, and Differential Reinforcement of Incompatible Behavior in Treating a Childhood Eating Disorder. 229(Iciap 2018), 252–263. https://doi.org/10.2991/iciap-18.2019.21
Lalitya, L., & Tedjasaputra, M. S. (2019). Efektifitas Differentiated Reinforcement of Incompatible Behavior (Dri) Dalam Menurunkan Perilaku Agresi Verbal Pada Remaja Dengan Moderate Intellectual Disability. Journal of Psychological Science and Profession, 3(2), 105. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i2.21616
Purwanta, E. (2012). modifikasi perilaku. pustaka pelajar.
Sari, A. N., & dkk. (2017). Efektif Reinforcement Positif dan Negatif Dalam Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik Ditinjau dari Tipe Kepribadian di SMP Negeri 7 Sijunjung. IEEE International Conference on Acoustics, Speech, and Signal Processing (ICASSP) 2017, 41(2), 84–93.
Setiawati, R. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Agresif. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Sudarti, D. O. (2019). Kajian teori behavioristik stimulus dan respon dalam meningkatkan minat belajar siswa. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 55–72. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/1173
Sugiyono. (2017). Metode penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Wardany, O. F., & Choiri, A. S. (2017). the Effectiveness of Differential Reinforcement of Incompatible Behaviour ( Dri ) To Overcome Disruptive Behaviour of Intellectual Disability Students. European Journal of Special Education Research, 2(1), 23–37. https://doi.org/10.5281/zenodo.219585
Wibisono, A. dan agus naryono. (2018). hubungan antar intensitas bermain mobile legend dan pengawasan orang tua dengan agresi verbal pada anak remaja.
Winarlin, R., Lasan, B., & Widada, W. (2016). Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Smp. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 68–73. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p068
Article Metrics
Abstract Views : 1235 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.