Efektifitas Permainan Fuinthinker untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1- 10 pada Anak Autisme di SLB Autisma Mutiara Bangsa Pratama Padang

Sri Tati Solmita(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1138240.64

Abstract


Tujuan penelitian untuk membuktikan bahwa permainan Funthinkers efektiv guna meningkatkan kemampuan berhitung 1 sampai 10 bagi anak Autisme di SLB Autisme Mutiara Bangsa Pratama Padang. Metode yang dipakai dalam penelitian ialah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang dipakai melalui tes kemampuan serta dokumentasi yang dialami langsung dilaksanakan selama 18 kali pertemuan. Kondisi baseline (A1) guna mengetahui kemampuan awal anak dalam berhitung 1 sampai 10, kemudian diberikan intervensi (B) dengan permainan Funthinkers, terakhir dengan kondisi baseline (A2) guna mengetahui kemampuan berhitung 1 sampai 10 pada anak autis setelah diberikan itervensi. Selanjutnya pengolahan data memakai teknik analisis serta visual grafik. Didasarkan hasil penelitian pada kondisi baseline (A1) memperoleh hasil 12.50 %. Pertemuan kedua, 25.00%, dan bertemuan ke tiga sampai kelima 37.50%. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil pertemuan pertama 25.00%, pertemuan kedua 37. 50 %, pertemuan ketiga 37.50%, pertemuan keempat 62.50 %, pertemuan kelima 75.00 %, pertemuan keenam 75.00%, pertemuan ketujuh sampai kesembilan 87.50%. Pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil pertemuan pertama 62.50 %, pertemuan kedua sampai keempat 87,50 %. Jadi terbukti bahwa permainan funthikers efektif meningkatkan kemampuan berhitung 1 sampai 10 pada anak autis.


Keywords


Permainan Funthinkers, kemampuan berhitung 1 sampai 10, anak autis

References


Ballerina, T. (2017). Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf. INKLUSI. https://doi.org/10.14421/ijds.030205

Insights, E. (Ed.). (2010). Funthinkers Parents’ Guide (2010th ed.). buku panduan.

Iskandar. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Gaung Persada Press.

Iswari, M., Efrina, E., Kasiyati, K., & Mahdi, A. (2018). Bermain Peran : Sebuah Metode Pembelajaran Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosialisasi Anak Autis. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.310

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. UPI Press.

Zulmiyetri, ‎Safaruddin, & Nurhastuti. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Stkip Siliwangi Bandung.


Article Metrics

 Abstract Views : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.