Efektivitas Metode Direct Instruction dalam Keterampilan Vokasional Membuat Dessert Box Brownis bagi Siswa Tunarungu Kelas XI di SLBN 1 Linggo Sari Baganti

Fahmi Mahari(1), Armaini Armaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini merupakan pembahasan tentang permasalahan yang ditemukan penulisdi SLB N 1 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini membahas tentang bagaimana kegiatan pembelajaran tata boga yang diajarkan belum banyak inovasi. Melihat dari permsalahan tersebut, penulis mencoba mengajarkan membuat jenis keterampilan tata boga yang berbeda dan cara pengajaran yang berbeda yaitu membuat dessert box brownies. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk Pre eksperimen design dengan jenis one group pretest-posttets. Teknik pengumpulan data adalah berbentuk tes perbuatan berupa pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam membuat dessert box brownies, selanjutnya diberikan Treatment dengan menggunakan metode direct intruction dan dilanjutkan dengan Posttest  untuk melihat kemampuan siswa setelah diberi perlakuan diolah dan dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Test. Hasil penelitian uji statistik yang telah dianalisis menggunakan program SPSS 23 penelitian data diperoleh rata-rata pada saat pretest yaitu 50.50 sedangkan untuk postest terdapat peningkatan yakni menjadi 84,00. Data diolah lebih ilmiah menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai rank tast antara pretest dan postest 2,032 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,042. Probalitas yang telah ditetapkan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena probalitas<dari probalitas yang telah ditetapkan yakni 0,042<0.05. Dapat disimpulkan, terbukti bahwa penggunaan metode direct intruction efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat dessert box brownies pada siswa tunarungu. Diharapkan agar guru dapat dapat digunakan metode direct intuction dalam pembelajaran keterampilan vokasional bagi siswa tunarungu.


Keywords


Dessert box brownies, Metode Direct Intruction,Siswa Tunarungu.

References


Hallahan, & Kauffman. (1991). Exceptional Children. Boston: Allyn and Bacon.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Rochjadi, H. (2016). Modul Guru Pembelajaran SLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi H (Pengembangan Vokasional Sederhana dan Kemitraan). Bandung: PTTK TK dan Bandung.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sugiyono. (2016a). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016b). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.