Meningkatkan Pembelajaran Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Melalui Metode Bermain Peran Bagi Siswa Tunarungu Kelas VI

Firman Syah Puja Saputra(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini membahas tentang meningkatkan pemahaman anak dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan melalui metode bermain peran untuk siswa tunarungu kelas VII yang didasari dari permasalahan siswa tunarungu yang belum mampu mengenal jenis-jenis pekerjaan pada usia sekolah yang sudah menengah atas. Dimana pekerjaan sangat penting untuk diketahui siswa tunarungu karena akan behadapan dengan dunia kerja ketika selesai menempuh pendidikan. Kelas ini terdapat 4 orang siswa tunarungu dengan inisial RS, SH, HB dan MS. Di dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan menunjukkan media gambar di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah metode bermain peran efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman mengenal jenis pekerjaan dalam memperbaiki proses pembelajaran di kelas melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana penelitian tindakan kelas dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama guru sehingga dari tindakan yang diberikan siswa mampu mencapai hasil/nilai yang lebih baik pula. Adanya observasi, tes dan dokumentasi menjadi cara/teknik peneliti dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam menganalisis meningkatnya kemampuan mengenal jenis pekerjaan siswa tunarungu. Tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus memiliki tahap perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk narasi juga dilengkapi dengan grafik dimulai awal proses hingga hasil meningkatkan pemahaman pembelajaran mengenal jenis pekerjaan. Dilaksanakannya tindakan siklus I siswa tunarungu mendapat hasil RS 48%, SH 54%, HB 62% dan MS 54%, dan siklus II mendapat hasil RS 83%, SH 87%, HB 92% dan MS 83%.

Keywords


Bermain Peran, Tunarungu

References


Arikunto, Suharsimi. 2006a. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.———. 2006b. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmawiyah. 2013. “Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran PKn Tema Lingkungan Di SDN Tukum 01 Lumajang.” Universitas Jember.

Ganda Sumekar. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Nur Rohmah. 2017. 2017 “Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Beragam Pekerjaan Dalam Masyarakat Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Kelas III MI Miftahul Huda Desa Lopait, Kec. Tuntang, Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.” Institut Agama Islam Negeri.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mega Iswari. 2008. Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Ratna Puji Anjani. 2015. “Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Keperluan Sehari-Hari Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan Di SDN Dabasah 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015.” Universitas Jember.


Article Metrics

 Abstract Views : 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.