Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Menanak Nasi di Rice Cooker Melalui Metode Latihan Pada Anak Tunagrahita Ringan
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ditemui yaitu adanya seorang anak Tunagrahita ringan yang tidak bisa menanak nasi sendiri dan tidak bisa menggunakan alat penanak nasi rice cooker dengan baik dan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A.A1 merupakan kondisi awal anak sebelum diberikan intervensi. B merupakan intervensi, dan A2 merupakan kondisi setelah tidak lagi diberikan intervensi.Pada baseline 1 (A1) dilakukan selama 5 kali pertemuan sampai mencapai data stabil. Pada intervensi melalui metode latihan (drill) dilakukan selama 8 kali pertemuan sampai data stabil. Dan pada baseline (A2) dilakukan selama 5 kali pertemuan untuk melihat apakah ada pengaruh intervensi yang diberikan terhadap kemampuan menanak nasi di rice cooker data stabil pada pertemuan 16 sampai 18.Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, dokumentasi dan tes perbuatan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa metode latihan dapat meningkatkan kemandirian menanak nasi di rice cooker bagi anak tunagrahita ringan.
Keywords
References
Al Irsyadi, F. Y., Sholihah, S. L. M., & Sudarmilah, E. 2016. Game Edukasi Merawat Diri Untuk Anak Tunagrahita Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Kinect Xbox 360. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 693–700.
Anita, S. 2012. Strategi Pembelajara di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Damayanti, R. 2019. Meningkatkan Kemampuan Memotong Kuku Melalui Teknik Shaping bagi Anak Tunagrahita Ringan. 7, 178–182.
Damri. 2013. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Laptop Mainan Anak untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas Ii Di Slb Perwari Padang. E-Jepekhu, 2(September), 609–621.
Dona, P., & Iswari, M. 2018. Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Layer Cake Variasi Isi Bagi Anak Tunarungu. 6, 165–171.
Efendi, J & Insani, T. 2021. Efektivitas Model Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Pot Bunga pada Anak Tunarungu. 9, 14–18.
Gunawan, A. A. 2017. Bimbingan Keterampilan Hidup Personal bagi Anak Tuna Grahita Ringan Di SLB Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 4(1), 58–95.
Juang Sunanto. 2005. Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung: Upi Press.
Kasiyati, G. K. 2019. Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita. Padang: Sukabina Press.
Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurdin, I. 2018. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur 2018.
Muhammad Arifin, Mp. 2017. Strategi Manajemen Perubahan dalam Meningkatkan Disiplin di Perguruan Tinggi. Jurnal EduTech, 3(1), 118–132.
Putri, N. L. 2014. Model Pembelajaran Keterampilan Bina Diri bagi Anak Usia Dini Tunagrahita ( Research and Development at Exceptional Schools of North Sulawesi ). 25(2).
Safaruddin & Mega Iswari. 2019. Bimbingan Pengembangan Diri Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Prenada media group.
Samidi. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Terhadap Kreativitas Belajar Matematika pada Siswa Smp Negeri 29 Medan T.P 2013/ 2014. Food and Nutrition Bulletin, 12(3), 210.
Shoimin, A. 2019. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sitokdana, M. N. N., & Tanaamah, A. R. 2016. Strategi Pembangunan E-Culture di Indonesia. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 2(2).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, N., & Mumpuniarti, M. 2018. Kekuatan Kognitif Siswa Tunagrahita Ringan Terhadap Kegiatan Pembelajaran Keterampilan Budidaya Hortikultura. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2), 101.
Rahmat, P. S. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Utari, F. R., Marlina, M., & Kasiyati, K. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Keterampilan Tata Boga Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 4(1), 21.
Yurmalina, E., & Kasiyati. 2019. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus. Volume 7 Nomor I Tahun 2019 ISSN: Online 2622-5077 Email: 7, 264–271.
Yusfidarwati. 2012. Meningkatkan Keterampilan Memotong Kuku melalui Metode Demonstrasi bagi Anak Tunagrahita Ringan. 1, 260–265.
Wardani. 2015. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Universitas Terbuka. Banten.
Article Metrics
Abstract Views : 401 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.