Improving Vocational Skills in Decorating Woven Flower Vases Through a Joyful Learning Approach for Mild Mentally Impaired Children at SLB Luak Nan Bungsu
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1134200.64
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan guru yang mengajar tentang keterampilan vokasional yang belum maksimal memberikan pelajaran tentang keterampilan menghias vas bunga dari anyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan vokasional menghias vas bunga dari anyaman bagi anak tunagrahita ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dilakukan dua siklus. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menghias vas bunga dari anyaman bagi anak tunagrahita. Kondisi awal nilai F 38%, pada siklus I terjadi peningkatan 55% dan siklus II meningkat menjadi 89%. Kondisi awal Z 44%, pada siklus I terjadi peningkatan 61% dan siklus II meningkat menjadi 94%. Kondisi awal N 41%, pada siklus I terjadi peningkatan 58% dan siklus II meningkat menjadi 92%. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Joyful Learning dapat meningkatkan keterampilan menghias vas bunga dari anyaman bagi anak tunagrahita kelas VII di SLB Luak Nan Bungsu. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan proses menghias vas bunga dari anyaman menggunakan pendekatan Joyful Learning
Keywords
Tunagrahita, Hiasan vas bunga, Joyful Learning
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Heppy. (2011). Strategi Joyful Learning. Wordpress.
Mulyatiningsih, E. (2009). Modul Pelatihan Pendidikan Profesi Guru Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta. Bandung Rosdakarya, 122. staff.uny.ac.id
Saleh. (2017). Peningkatan Kompetensi Melalui Program Keterampilan Vokasional di SLB-B YPALB Karanganyar. Nstitut Agama Islam Negeri Surakarta.
Article Metrics
Abstract Views : 80 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.