Penggunaan Metode Demonstrasi Berbasis Task Analisis Untuk Meningkatkan Keterampilan Mencuci Rambut Pada Siswa Tunagrahita Sedang

Rifa Cania(1), Damri Damri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1132980.64

Abstract


Penelitian ini berawal dari ditemukannya seorang siswa tunagrahita sedang kelas IV di SLB Negeri 1 Padang. Siswa tidak mampu mencuci rambut dengan langkah yang benar dan bersih. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mencuci rambut menggunakan metode demonstrasi berbasis task analisis. Penelitian ini menggunakan metode single subject research (SSR) dengan desain A-B-A, kegiatan baseline (A1) dilaksanakan enam kali pertemuan, kegiatan intervensi (B) dilaksanakan enam kali pertemuan, dan kegiatan baseline kedua (A2) dilaksanakan empat kali pertemuan. Hasil yang diperoleh pada kegiatan baseline (A1) dalam mencuci rambut diperoleh persentase 46%, 50%, 38%, 46%, 46%, dan 46%. Hasil kegiatan intervensi (B) dalam mencuci rambut diperoleh persentase 50%, 73%, 75%, 77%, 77%, dan 77%. Hasil kegiatan baseline kedua (A2) dala mencuci rambut diperoleh persentase 79%, 85%, 85%, dan 85%. Berdasarkan hasil penelitian diatas jelas bahwa penggunaan metode demonstrasi berbasis task analisis untuk meningkatkan keterampilan mencuci rambut efektif digunakan untuk siswa tunagrahita sedang.


Keywords


Mencuci Rambut, Metode Demonstrasi, Task Analisis, Tunagrahita Sedang

References


Putri, W. A., & D. (2020). Efektivitas Pengginaan Media Neraca Bilangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Perkalian Bagi Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Basista, D. A., & Iswari, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Mencuci Rambut Melalui Teknik Shapping Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang. Journal of RESIDU, 3(23).

Damri. (2019). Panduan Pembelajaran Inklusi di Sekolah Menengah Pertama. Cv. Irdh.

Marlina. (2015). Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. UNP Pers.

Amini, N. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Koordinasi Mata Dan Tangan Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang Melalui Metode Direct Instruction Dalam Keterampilan Menyulam di SLB N 1 Sleman. Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(12).

Asyifa, R. A. (2017). Study Kasus Perilaku Agresif Anak Tunagrahita Kategori Sedang Kelas IV SDLB di SLB N Pembina Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(5).

Herliana, N. (2016). Meningkatkan Keterampilan Membuat Nasi Goreng Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas D VIII di SLB Work Shop Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 5(1).

Pratama, R., & K. (2018). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Dalam Membuat Terarium Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus


Article Metrics

 Abstract Views : 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.