Sikap Toleransi Siswa Berbasis Nilai Indahnya Keberagaman di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi SD Yari School Padang

Intania Intania(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1132360.64

Abstract


Pada penelitian ini memiliki tujuan  untuk melakukan pengkajian tentangsikap toleransi siswa berbasis nilai indahnyaa keberagaman di sekolah penyelenggara pendidikan inklusii. Melalui lingkungan yang beragam inilah, peran sekolah dan guru sangat dibutuhkan untuk membentuk sikap siswa agar saling menghargai diantara keberagaman yang ada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menekankan pada penjabaran secara naratif menggunakan kata-kata melalui fenomena dan kejadian yang terjadi secara alamiah. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang kemudian analisis data dilakukan dengan cara merangkum, menyajikan, dan menarik kesimpulannya. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki sikap toleransi terbagi menjadi empat karakter yaitu menerima atau mengakui keberagaman, menghargai atau menghormati , peduli atau memahami keberagaman, dan memiliki kesadaran untuk saling melengkapi. Sikap toleransi ini didapatkan melalui usaha guru yang menanamkannya menggunakan 3 cara berbasis nilai indahnya keberagaman yaitu melalui integrasi pembelajaran, problem Solving dan project based learning.   



Keywords


Sikap toleransi, Pendidikan Inklusi, Keberagaman

References


Aly, A. (2011). Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Pustaka Pelajar.

Amalee, I. (2018). 12 Nilai Dasar Perdamaian ( Buku Siswa). PT Media Damai Indonesia.

Asrori, M. (2007). Psikologi Pembelajaran. CV Wacana Prima.

Atamturk, N. (2017). The role of English as a foreign language classes in tolerance education in relation to school management. Quality & Quantity. https://doi.org/10.1007/s11135-017-0575-7

Darmawan, I. P. A. (2019). Pendidikan Perdamaian Dengan 12 Nilai Dasar Perdamaian. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(1), 55–71. https://doi.org/10.34307/b.v2i1.82

Faiqoh, A. (2016). Implementasi Pendidikan Multikultural Pada Mata Pelajaran Ppkn Tema Ekosistem Kelas Va Di Mi Negeri Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi UIN Walisongo Semarang, 4, 9–15.

Irdamurni. (2019). Pendidikan Inklusif. Prenadamedia Group.

Iswari, M., Sopandi, A. A., & Irdamurni. (2019). Pelatihan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif bagi Guru SD dan SLB di Kepulauan Mentawai. Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3, 13–16.

Moeis, I. (2014). Pendidikan Multikultural Transformatif. UNP Press.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Permendiknas No 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan Dan Memiliki Potensi Kecerdasan Dan/Atau Bakat Istimewa. (2009).

Sahal, M., Musadad, A. A., & Akhyar, M. (2018). Tolerance in Multicultural Education : A Theoretical Concept. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 05(04), 115–122.

Sopandi, A. A., Kusumastuti, G., Gistituati, N., & Hadiyanto. (2020). Development of an Instrument to Measure the Inclusive Classroom Climate. Atlantis Press, 464, 193–196.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.