Aplikasi Talk Alternative: Sistem Komunikasi Alternatif untuk Keterampilan Komunikasi Nonverbal bagi Anak Cerebral Palsy

Oktari Putri(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1132120.64

Abstract


Cerebral palsy adalah kelainan atau kekakuan motoik yang ditimbulkan karena adanya kerusakan pada sentra syaraf otak yang dapat memberikan dampak besar terhadap berbagai aspek perkembangan, diantaranya perkembangan bahasa dan komunikasi. Anak cerebral palsy yang memiliki hambatan komunikasi bukan diakibatkan karena pendengarannya namun karena adanya gangguan motorik bicara. Di SLB Negeri Mandailing terdapat dua siswa cerebral palsy berinisial A dan I yang mengalami hambatan komunikasi secara verbal. Salah satu alat yang dapat membantu anak cerebral palsy berkomunikasi secara nonverbal yaitu menggunakan sistem komunikasi alternatif. Peneliti merancang sistem komunikasi alternatif berupa aplikasi berbasis android yang diberi nama “Talk Alternative” untuk membantu anak cerebral palsy berkomunikasi secara nonverbal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model 3D. Hasil penelitian yang didapatkan berupa need assessment, perancangan dan uji validasi aplikasi secara internal.


Keywords


Cerebral palsy, hambatan komunikasi verbal, sistem komunikasi alternatif

References


Aufricht, H. (1955). A Proposed System Of Classifying The Language Defects Of Children with Cerebral Palsy. Exceptional Children, 22(3), 109–126. https://doi.org/10.1177/001440295502200304

Barata, A. A. (2013). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Murray, J., & Goldbart, J. (2009). Augmentative and alternative communication: a review of current issues. Paediatrics and Child Health, 19(10), 464–468. https://doi.org/10.1016/j.paed.2009.05.003

Nawawi, A., Dwi, A., Theric, M. R., & Agus, Y. (2009). Media Komunikasi Augmentatif bagu Anak Autis Spektrum Disorder (ASD). UPI. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195412071981121-AHMAD_NAWAWI/AUGMENTATIF_BAGI_ANAK_ASD.pdf

Pirila, S., van der Meere, J., Pentikainen, T., Ruusu-Niemi, P., Korpela, R., Kilpinen, J., & Nieminen, P. (2007). Language and motor speech skills in children with cerebral palsy. Journal of Communication Disorders, 40(2), 116–128. https://doi.org/10.1016/j.jcomdis.2006.06.002

Sigurdardottir, S., & Vik, T. (2011). Speech, expressive language, and verbal cognition of preschool children with cerebral palsy in Iceland. Developmental Medicine and Child Neurology, 53(1), 74–80. https://doi.org/10.1111/j.1469-8749.2010.03790.x

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Yuwono. (2009). Memahami Anak Autistik. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 359 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.