Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak dengan Autisme Melalui Media Lotto Bergambar

Prilla Ayu Larasari(1), Ishak G Bachtiar(2), Indra Jaya(3),
(1) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(2) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(3) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1114590.64

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif terhadap mengucapkan kata benda pada anak dengan autisme melalui penggunaan media lotto bergambar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa di SDIT Al-Kamil Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes lisan untuk menunjukkan kemampuan pada anak dengan autisme baik sebelum diberikan intervensi, saat diberi intervensi, dan sesudah diberi intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lotto bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif dalam mengucapkan kata benda pada anak dengan autisme. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan skor yang didapat oleh anak dengan autisme pada baseline A yaitu skor 3 pada dimensi mengucapkan kata benda pensil dan kursi lalu skor 5 pada dimensi mengucapkan kata benda tas, buku dan meja dari skor maksimal 9. Sedangkan pada tahap baseline A’ perolehan skor tertinggi pada dimensi mengucapkan kata benda tas, buku, dan meja dengan skor 9 dari skor maksimal 9. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media lotto bergambar memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak dengan autisme.

Keywords


Bahasa Ekspresif; Lotto Bergambar; Anak dengan Autisme

References


Abdul, H. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Autistik. Bandung: Alfabeta.

Assosiation, A. P. (2013). Diagnostic Statiscal and Manual of Mental Disorder Edition. Arlington VA: American Physcriatic Publishing.

Danuatmaja, B. (2003). Terapi Anak Autis di Rumah. Jakarta: Puspa Swara.

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu. Yogyakarta: DIVA Press.

Indriati, E. (2011). Kesulitan Bicara dan Bahasa pada Anak; Terapi dan Strategi Orangtua. Jakarta: Prenada.

Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar: Perspektif, Assesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.

Juang, S., Koji, T., & Hideo, N. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 84.

Prasetyo, D. (2008). Serba-serbi Anak Autis. Yogyakarta: DIVA Press.

Susilana, R. (2007). Media Pemelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Veskarisyanti, G. A. (2008). 12 Terapi Autis Paling Efektif dan Hemat. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Wiyani, N. A. (2014). Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yuwono, J. (2007). Memahami Anak Autistik Kajian Teori dan Empirik. Bandung: Alfabeta.

Febri Yogawati Ripta Haningrum.2015.Pengaruh Bermain Lotto Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Autis di SDLB Bhakti Wiyata Surabaya. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/download/12464/11504) . Diakses pada tanggal 28 Januari 2021.

Hernawati, T. (2009). Intervensi Gangguan Bahasa. (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196302081987032-TATI_HERNAWATI/MAKALA GANG_BHS.pdf). Diakses pada tanggal 7 Maret 2019.

Ika, W. (2013). Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Anak Tunagrahita. (http://etheses.uin-malang.ac.id/5216/1/12410105.pdf). Diakses pada tanggal 7 Maret 2019.

Karmi. (2013). Pengembangan Kemampuan Bahasa Lisan Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atgfal Klaten. (http://eprints.ums.ac.id/26748/9/10_PUBLIKASI_ARTIKEL.pdf). Diakses pada tanggal 11 Mei 2019.

Kusumastuti, M. H. (2014). Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Picture Exchange Communication System (PECS) pada Anak Autis di Sekolah Autis-Hiperaktif Arigya Mitra Akupuntur Klaten Jawa Tengah. (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/download/6218/5970). Diakses tanggal 18 Januari 2019.

Laris, N. (2014). Pemanfaatan Media Lotto untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Santi Kumara. (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3526). Diakses pada tanggal 31 Juli 2019.

NK, F. (2012). Pengaruh Terapi Mozart dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif dan Ekspresif pada Anak Autistik di SLB BC Pambudi Dharma 1 Cimahi. (http://repository.upi.edu/10749/). Diakses pada tanggal 21 April 2019.

Nurlinda, T. (2015). Pengaruh Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Berbicara Bagi Anak Autis Kelas VII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. (http://eprints.uny.ac.id/22160). Diakses pada tanggal 27 Februari 2020.

Rejeki, W. S. (2019). Pengembangan Media Lotto dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif di TK Masyitoh 3 Padangjaya.(http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6628/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf). Diakses pada tanggal 20 November 2020.

Tjutju Soendari, Mamad Widya, dan Epni Sudrajat. Pengaruh Permainan Lotto Terhadap peningkatan Kemampuan Persepsi, Atensi, dan Konsentrasi Anak Autsitik. (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195602141980032-TJUTJU_SOENDARI/Artikel/Artikel_Permainan_Lotto.pdf). Diakses pada tanggal 28 Januari 2021


Article Metrics

 Abstract Views : 3338 times
 PDF Downloaded : 1393 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.