Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Membatik Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB N 1 Padang pada Masa Pandemi Covid-19

Annisa Annisa(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1112150.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakang oleh permasalahan yang ditemukan di salah satu sekolah luar biasa yaitu SLB N 1 Padang tentang kemampuan anak tunagrahita ringan yang berprestasi hingga mewakili sumatera barat sampai tingkat nasional dalam melakukan kegiatan keterampilan membatik. Karena sedang dalam masa pandemic covid-19 penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik bagi anak tunagrahita ringan di SLB N 1 Padang pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif, subyek dalam penelitian adalah guru kelas yang mengajarkan keterampilan, guru kesenian, kepala sekolah dan anak tunagrahita ringan kelas XII. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang kemudian dianalisis, disajikan dan ditarik kesimpulan dari data-data tersebut. Pelaksanan pembelajaran keterampilan membatik bagi anak tunagrahita ringan pada masa pandemic covid-19 dilakukan secara luring dan daring yaitu guru memberikan tugas kepada secara luring dan apabila ada anak yang ingin melakukan pembelajaran daring bisa menggunakan aplikasi whatsapp.


Keywords


Skills, Covid-19 pandemic, mentally retarded children

References


Anitah, S. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PADA TAHUN AJARAN 2020/2021 DAN TAHUN AKADEMIK 2020/2021 DI MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19). kementerian pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal pendidikan dasar.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.


Article Metrics

 Abstract Views : 555 times
 PDF Downloaded : 290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.