Upaya Guru dalam Pengembangan Bakat Olahraga Catur pada Anak Tunanetra di SLB Cendana Rumbai
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1111420.64
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Abdullah, I. (2016). Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ali, M., & Ansori, M. (2006). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ananta, B., & Aksin, N. (2018). Olahraga Kegemaranku Catur. Klaten: PT Intan Pariwara.
Aprilia, K. N. (2018). Analisis penerapan prinsip-prinsip latihan terhadap peningkatan kondisi fisik atlet bulu tangkis PPLOP Jawa Tengah tahun 2017/2018. Journal Power Of Sports, 1(1), 55. https://doi.org/10.25273/jpos.v1i1.2210
Azmi, Z., Saripurna, D., & Anwar, B. (2013). Aplikasi jaringan Syaraf Tiruan Untuk Pengenalan Pola Pembukaan Permainan catur. Jurnal Ilmiah Saintikom, 12(2), 139–152.
Chairunnisa, C. (2016). Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Gunawan, I., & Benty, D. (2017). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
Kaynar, Ö. (2019). Investigation of Talent Selection Methods in Different Sports Branches. 6(12), 44–48. https://doi.org/10.11114/jets.v6i12a.3925
Kurniati., Sopandi, A.A., Z. (2019). Pengaruh Analisis Tugas terhadap Keterampilan Menggosok Gigi Anak Tunanetra. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, Volume III, 24–29.
Magdalena, I., Fatharani, J., Oktavia, S. A., & Amini, Q. (2020). Peran Guru dalam Mengembangkan Bakat Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2, 61–69.
Muslih, M. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 SDN Limbangan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526
Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Fakultas Tarbiyah.
Petersen, S. (2018). Talent development in Chinese and Swiss music students. International Journal of Music Education, 36(2), 230–243. https://doi.org/10.1177/0255761417729544
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sumiati. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 145–164.
Wibisono, A. G. (2019). Menggapai Prestasi & Kesuksesan. Sukoharjo: CV Sindunata.
Widjaya, A. (2012). Seluk-Beluk Tunanetra dan Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera.
Article Metrics
Abstract Views : 729 timesPDF Downloaded : 476 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.