Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Papan Bilangan bagi Anak Berkesulitan Belajar

Revani Febrician(1), Damri Damri(2),
(1) Universitas Negeri Padang 
(2) Universitas Negeri Padang 

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


ABSTRACT

This problem is motivated by problems found in class III of SDN 14 Koto Panjang that have problems in determining the place value of numbers. This study aims to improve the ability to analysis techniques wearing graphical viasual analysis. The research subjects were class III learning difficulties students at SDN 14 Koto Panjang. Observations are carried out using two stages starting from the baseline stage (A) which are carried out in four meetings on different days. The results of this study are in the baseline conditions are carried out in six meeting 0%, the secondmeeting is 10%, the third meeting is 0%, and the fourth meeting is 0%. The percentage obtained by children in the intervention condition (B) is 0% at the first meeting experiencing stability that is 80%. The acquisition of research can be concluded that by using number board media can improve the ability to determine the place value of children with learning difficulties.

 

ABSTRAK

Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas III SDN 14 Koto Panjang yang mengalami permasalahan dalam menentukan nilai tempat bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat. Penelitian ini mengenakan pendekatan SSR, dengan desain A-B dan teknik analisis datanya mengenakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah siswa berkesulitan belajar kelas III SDN 14 Koto Panjang. Observasi  dilakukan dengan menggunakan dua tahap yang dimulai dari tahap baseline (A) yang dilakukan sebanyak empat  pertemuan di hari yang berbeda. Tahap kedua adalah tahap intervensi (B) observasi dilakukan sebanyak enam  pertemuan di hari yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah pada kondisi baseline (A) pada pertemuan pertama 0%, pertemuan kedua 10%, pertemuan ketiga 0%, dan pertemuan keempat 0%. Adapun persentase yang diperoleh anak pada kondisi intervensi (B) adalah 0% pada pertemuan pertama, 40% pada pertemuan kedua, 60% pada pertemuan ketiga, dan pada pertemuan keempat sampai  keenam mengalami kestabilan yaitu 80%. Perolehan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media papan bilangan dapat meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat pada anak berkesulitan belajar.

Keywords


Nilai Tempat, Papan Bilangan, Kesulitan Belajar

References


Damri, I. P. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Media Kotak Angka Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 236.

Fatmawati, D. (2013). Efektifitas Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Pemahaman Sifat Benda Pada Mata Pelajaran Ipa Bagi Anak Kesulitan Belajar. Pendidikan Khusus, 2, 281.

Irdamurni, E. F. (2013). Gerak Irama Salah Satu Alternatif Untuk Mengenalkan Konsep Ruang Bagi Anak Kesulitan Belajar. Pendidikan Khusus, 2, 743.

Irdamurni, K. (2018). Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Anak Diskalkulia. Pendidikan Khusus, 6(257).

Irdamurni, R. (2019). Media Blokjes untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Anak Tunanetra. Pendidikan Khusus, 7, 148.

Jon Efendi, K. (2015). Efektifitas Alat Trigonal Pencil Dalam Peningkatan Menulis Pada Anak Kesulitan Belajar Di Sdn 20 Kalumbuk Padang. Pendidikan Khusus, 4(3), 152.

Riska Yunisa, F. (2018). Media Stick Angka untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan 1 Sampai 5 bagi Anak Tunagrahita Ringan. Pendidikan Khusus, 6, 290.

Saleh, S. F., & Makassar, U. M. (2017). Papan Bilangan sebagai Media untuk Mengajarkan Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah dengan Memperhatikan Nilai Tempat Bidang Pendidikan Matematika Pengembangan Media Pembelajaran Papan Bilangan sebagai Media untuk Mengajarkan Operasi Penjumlahan Bilangan Ca, (August). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30419.48160

suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunanto, J. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: Upi.


Article Metrics

 Abstract Views : 4102 times
 PDF Downloaded : 702 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.