Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Nilai Tempat pada Anak Berkesulitan Belajar Melalui Kartu Angka di Kelas III
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : en, id
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini mengungkapkan tentang mengenal konsep nilai tempat satuan, puluhan dan ratusan pada anak berkesulitan belajar di kelas 3 SD melalui kartu angka. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen single subjec research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Subjek yang diteliti ialah satu siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam mengenal konsep satuan, puluhan dan ratusan. Siswa belum mampu dalam penjumlahan deret kebawah, tidak dapat membedakan angka yang satuan, puluhan dan ratusan serta konsep ruang yang belum matang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak mengalami kemajuan yang sangat signifikan dalam mengenal konsep nilai tempat yaitu satuan, puluhan dan ratusan melalui kartu angka.Keywords
Kartu Angka, Konsep Nilai Tempat, Anak Berkesulitan Belajar
References
Abdurrahman, M. (2012). anak berkesulitan belajar teori, diagnosis dan remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.
Jamaris, M. (2014). kesulitan belajar. bogor: Ghalia Indonesia
Koswara, D. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar
Spesifik. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
Somantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa:Bandung. PT. Revika Aditama.
Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif:Bandung.
Sukmadinata, nana syaodih. (2013). metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract Views : 295 timesPDF Downloaded : 115 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.