Efektivitas Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Anak Berkesulitan Membaca ( Disleksia )

Silvi Yani(1), Irdamurni Irdamurni(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam membaca dan pembelajaran membaca masih berjalan melalui konvensional, yaitu pembelajaran hanya berpatokan pada guru yang meyebabkankan  rendahnya hasil belajar membaca siswa. Serta strategi  yang dipakai guru dalam mengajarkan  membaca kurang tepat bagi anak sehingga pembelajaran membaca belum sepenuhnya optimal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media kartu  kata bergambar pada anak berkesulitan belajar membaca  kelas II di SD Negeri 11 Pauh Padang .Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Hasil akhir anak mengalami peningkatan dimana anak memperoleh hasil yaitu ARS memperoleh  hasil 85%,  MMA memperoleh  hasil  95%, MAR memperoleh hasil  90%, MF memperoleh  hasil 90%, dan VR memperoleh  hasil 85%. Dengan demikian, dapat disarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat memakai  media kartu  kata bergambar dalam menaikkan  keterampilan membaca permulaan anak berkesulitan membaca (disleksia).


Keywords


Membaca, Kartu Kata, Berkesulitan Belajar

References


Adhim, Fauzil, M. (2004). Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizan Pustaka.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Marlina. (2015). Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus (2nd ed.). Padang: UNP Press.

Suyadi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Suyanto, S. (2011). Dasar - Dasar Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Taufan, J. (2018). The Effect of Mingle Model to Improve Reading Skills for Students with Dyslexia in Primary School Findings, 2(2).


Article Metrics

 Abstract Views : 1233 times
 PDF Downloaded : 415 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.