Efektivitas Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Anak Berkesulitan Membaca ( Disleksia )
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam membaca dan pembelajaran membaca masih berjalan melalui konvensional, yaitu pembelajaran hanya berpatokan pada guru yang meyebabkankan rendahnya hasil belajar membaca siswa. Serta strategi yang dipakai guru dalam mengajarkan membaca kurang tepat bagi anak sehingga pembelajaran membaca belum sepenuhnya optimal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar pada anak berkesulitan belajar membaca kelas II di SD Negeri 11 Pauh Padang .Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Hasil akhir anak mengalami peningkatan dimana anak memperoleh hasil yaitu ARS memperoleh hasil 85%, MMA memperoleh hasil 95%, MAR memperoleh hasil 90%, MF memperoleh hasil 90%, dan VR memperoleh hasil 85%. Dengan demikian, dapat disarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat memakai media kartu kata bergambar dalam menaikkan keterampilan membaca permulaan anak berkesulitan membaca (disleksia).
Keywords
References
Adhim, Fauzil, M. (2004). Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizan Pustaka.
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Marlina. (2015). Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus (2nd ed.). Padang: UNP Press.
Suyadi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Suyanto, S. (2011). Dasar - Dasar Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Taufan, J. (2018). The Effect of Mingle Model to Improve Reading Skills for Students with Dyslexia in Primary School Findings, 2(2).
Article Metrics
Abstract Views : 1287 timesPDF Downloaded : 427 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.