Efektivitas Media Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman tentang Hewan bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII

Zulma Indra Rahmi Putri(1), Irdamurni Irdamurni(2),
(1) Universitas Negeri Padang 
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : Id

Abstract


ABSTRACT

Based on the problem to be found at SLBN 1 Kubung in VIII class with background problem students to encounter in answering the question about comprehension animals correctly. This type of research is classroom action research, that is done in collaborating with teacher’s class. The subjects are two mild mental retardation children. The data is obtained through observation test then analyzed qualitatively and quantitatively. This research to be carried out in two cycles. Each activity begins with planning, implementation, analysis and reflection. Students initial ability are R 20 and S 40. At the end of cycle 1 students ability are R 38 and S 40, and in cycle 2 students ability increase to R 71 and S 80. Can be concluded that media power point can improve comprehension animal skill in answering questions students.

ABSTRAK

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SLB N 01 Kubung pada kelas VIII yang dilatarbelakangi oleh siswa mengalami masalah dalam menjawab soal tentang pemahaman hewan dengan benar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas. Subjek peneliti yaitu dua orang anak tunagrahita ringan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh melalui observasi, test kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Masing-masing kegiatan diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian sebelum diberikan tindakan menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa tunagrahita ringan dalam pemahaman tentang hewan yaitu: R 20 dan S 40. Pada akhir siklus I kemampuan siswa menjadi R 38 dan S 43. Pada siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi R 71 dan S 80. Dapat disimpulkan bahwa media power point dapat meningkatkan kemampuan pemahaman hewan. 


Keywords


Media power point, tunagrahita ringan

References


Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: Goresan Pena.

Irdamurni, & Damri. (2004). Mata Kuliah Teknologi Pendidikan untuk Anak Kebutuhan Khusus. Padang.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: Gaung Persada Press.

Kusnandar. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Laksono, K., & Tatag, Y. E. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marlina. (2009). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 19-35.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Samantowo, U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suhardjono. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Article Metrics

 Abstract Views : 425 times
 PDF Downloaded : 376 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.