Efektivitas Media Pembelajaran Corong Berhitung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Sederhana Pada Anak Kesulitan Belajar

Yosevina Handarini(1), Yarmis Hasan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


Latar belakang pada pengujian yang peneliti lakukan berdasarkan masalah yaitu ditemukan di lapangan, ada anak kesulitan belajar dalam menjumlahkan deret kebawah terutama saat menggunakan satuan angka 0 dengan angka yang mempunyai nilai. Berdasarkan hal diatas, maka tujuan yang disajikan oleh peneliti bertujuan untuk melihat apakah ada peningkatan nilai penjumlahan sederhana yang memakai media belajar corong berhitung pada anak kesulitan belajar kelas dua di SDN 18 Kota Luar, Padang.
Golongan pengujian ini berupa mencoba pengujian termaksud mengetahui hasil dari 2 hal untuk dibandingkan setelah diberikan perlakuan. Desain pengujian dipakai meliputi pre-eksperimenetal (experimen) memakai satu group tes pertama dan tes akhir. Dengan menggunakan uji wilcoxon rank tast. Terdapat anak kesulitan belajar yang mempunyai permasalahan pada menjumlahankan deret kebawah. Pengujian dilakukan di SD Negeri 18 Koto Luar, Padang. Peneliti mengambil satu kelas dijadikan kelompok treatment langsung. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistic titik kritis uji wilcoxon rank test, pada probabilitas yang ditetapkan 5% (α = 0.05).
Dari hasil penelitian uji statistik yang telah dianalisis menggunakan program SPSS 23 diperoleh hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai 0.042 penuh dari <0.05, oleh karena itu rangkumannya yaitu media pembelajaran corong berhitung untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan sederhana pada anak kesulitan belajar di kelas 2 Sekolah Dasar Negri 18 Kota Luar, Padang, dapat diterima.


Keywords


media pembelajaran corong berhitung, hasil belajar penjumlahan sederhana ,anak kesulitan belajar.

References


Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus, Suprijono. (2012). Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Kajian Pustaka.

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran, Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran, Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Isjoni. (2012). Cooperatif Learning Efektivitas Pebelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Muri, A Yusuf, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, Padang: UNP Press

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sundayana, Rostina. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. (2012). Landasan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Article Metrics

 Abstract Views : 1572 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 592 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.