Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menanam Seledri melalui Metode Explicit Instruction pada Anak Tunagrahita Ringan

Octa Safera(1), Yarmis Hasan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


 Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan di kelas IX tunagrahita ringan di SLB Perwari Padang dalam keterampilan menanam seledri disebabkan masih kurangnya keterampilan mempraktekan kegiatan menanam seledri dengan baik dan benar. Tujuan penelitiannya adalah: 1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menanam seledri melalui metode explicit instrcution, dan 2) apakah metode explicit instrcution dapat meningkatkan keterampilan menanam seledri pada anak tunagritaringan kelas IX di SLB Perwari Padang.

Jenis penelitiannya digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Research), dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian yaitu lima orang anak tunagrahita ringan kelas IX C dan satu orang guru. Data diperoleh melalui observasi, dan tes. kemudian dianalisisnya secara deskriptif kulitatif.

Hasil penelitian menunjukan 1) proses pembelajaran menanam seledri dengan menggunakan metode explicit instrcution dilakukannya dengan dua siklus. Siklus I dengan empat kali pertemuannya. Masing-masing siklus diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan (kegiatan awal, inti dan akhir), observasi, analisis dan refleksi. 2) hasil dari pembelajaran dengan menggunakan metode explicit instrcution dalam menanam seledri terlihat ada peningkatannya. Hal ini dapat dilihat dari data sebelum tindakan kemampuannya anak dalam melakukan 21 langkahnya menanam seledri yaitu: B ialah 48%, V 41%, S 39%, A 36% dan E 34%. Sedangkan pada akhir siklus I kemampuan B meningkat (71%), V (69%), S (68%), A (63%) dan E (61%). Pada siklus II kemampuan B meningkat menjadi (90%), V (87%), S (85%), A (84%) dan E (84%).


Keywords


tunagrahita, seledri, explicit instruction

References


Abdullah, S. R. & S. (2012). Meningkatkan Profesionalisme Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Adawiyah, R., & Afa, M. (2018). PERTUMBUHAN TANAMAN SELEDRI ( Apium graveolens L .) PADA BERBAGAI MEDIA TANAM TANPA TANAH DENGAN APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR ( POC ), 5(1), 750–760.

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konsektual (Inovatif). Bandung: YRAMA WIDIA.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, M. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima Pembelajaran.

Depdiknas. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.

Kurniasih, I & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model PembelajaranUntuk Peningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Soemardji. (2006). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: DepdikbudDikti.


Article Metrics

 Abstract Views : 1598 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 775 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.