Pelaksanaan Pembelajaran IPA bagi Anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini mengungkap tentang proses pelaksanaan pembelajaran IPA bagi anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi SDN 21 Parak Kopi Padang yang menggambarkan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi perencanaan, strategi, kendala-kendala serta usaha untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan mengambarkan keadaan suatu objek atau subjek apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan guru pembimbing khusus. Hasil penelitian menunjukkan pada perencanaan guru mempersiapkan materi yang telah dimodifikasi, mempersiapkan media sesuai indikator yang dicapai dalam pembelajaran, waktu pembelajaran yang ditambah setelah usai pembelajaran dan dalam proses belajar disesuaikan dengan kemampuan anak. Strategi yang digunakan adalah strategi belajar inkuiri serta guru berkolaborasi dengan guru pembimbing khusus saat menerangkan pelajaran serta pengaturan tempat duduk anak digilir untuk menumbuhkan komunikasi dengan temannya. Kendala yang dihadapi yakni mood anak dalam belajar yang berubah-ubah serta kurangnya media untuk anak. Usaha mengatasi kedalanya pemindahan ruang belajar ke perpustakaan dengan guru pembimbing khusus.
Keywords
References
Abdul, H. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Bandung: Alfabeta.
Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.
Kustawan, D. (2013). Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luksima Metro Media.
Mardalis. (2009). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Patta, B. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdiknas.
Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
Wisudawati, A. W., & Sulistiowati, E. (2017). Metodologi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract Views : 3737 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 843 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.