Meningkatkan Kemampuan Merangkai Listrik Sederhana Melalui Multi Metode Pada Anak Tunarungu di SLB Al-Ishlah Padang

Marhadi Marhadi(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, adanya guru kelas yang kurang memiliki kemampuan merangkai listrik sederhana. Berdasarkan hal tersebut, Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan  untuk memperbaiki proses pendidikan melalui perubahan, mendorong para guru,atau tutor untuk memikirkan praktik mengajar sendiri.Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas VII.Kegiatan penelitian ini dilakukan dua siklus dengan delapan pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan merangkai listrik sederhana bagi anak tunarungu. Pada kondisi awal mendapatkan perolehan nilai R44%. Pada siklus I terjadi peningkatan 60% dan siklus II juga terjadi peningkatan 97%. Sedangkan M mendapatkan nilai pada kondisi awal 40%, pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan menjadi 40% dan pada siklus II meningkat lag imenjadi 93%.Kesimpulannya bahwa multimetode dapat meningkatkan kemampuan merangkai listrik sederhana.


Keywords


Anak Tunarungu, Multi Metode, Merangkai Listrik.

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Artho,Okor (2013).Emerald Insight: Reverence Services For The Deaf and Hard Of Hearing. Journalis is asvailable at. Vol.41 Isspp. 434-452

Asrizal, Y. (2016). Elektronika Dasar 1. Jakarta: Prenada Media Grup.

Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Referensi (GP Press Group)

Mhedi. 2010. Pengertian aplikasi multi metode pengajaran. Diperoleh dari

http://id.shoong.com/social-sciences/education/2185912-pengertian-aplikasimulti-metode- pengajaran/

Yunus, Markis & Ardisal. (2014). Pendidikan Anak dengan Hambatan Pendengaran. Padang: Sukabina Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 308 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1550 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.