Meningkatkan Kemampuan Merangkai Listrik Sederhana Melalui Multi Metode Pada Anak Tunarungu di SLB Al-Ishlah Padang

(1) Universitas Negeri Padang 

(2) Universitas Negeri Padang 


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text:

Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, adanya guru kelas yang kurang memiliki kemampuan merangkai listrik sederhana. Berdasarkan hal tersebut, Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pendidikan melalui perubahan, mendorong para guru,atau tutor untuk memikirkan praktik mengajar sendiri.Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas VII.Kegiatan penelitian ini dilakukan dua siklus dengan delapan pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan merangkai listrik sederhana bagi anak tunarungu. Pada kondisi awal mendapatkan perolehan nilai R44%. Pada siklus I terjadi peningkatan 60% dan siklus II juga terjadi peningkatan 97%. Sedangkan M mendapatkan nilai pada kondisi awal 40%, pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan menjadi 40% dan pada siklus II meningkat lag imenjadi 93%.Kesimpulannya bahwa multimetode dapat meningkatkan kemampuan merangkai listrik sederhana.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Artho,Okor (2013).Emerald Insight: Reverence Services For The Deaf and Hard Of Hearing. Journalis is asvailable at. Vol.41 Isspp. 434-452
Asrizal, Y. (2016). Elektronika Dasar 1. Jakarta: Prenada Media Grup.
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Referensi (GP Press Group)
Mhedi. 2010. Pengertian aplikasi multi metode pengajaran. Diperoleh dari
http://id.shoong.com/social-sciences/education/2185912-pengertian-aplikasimulti-metode- pengajaran/
Yunus, Markis & Ardisal. (2014). Pendidikan Anak dengan Hambatan Pendengaran. Padang: Sukabina Press.
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.