Media Blokjes untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Anak Tunanetra

Rindiani Rindiani(1), Irdamurni Irdamurni(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan tentang anak tunantera kelas IV di SLBN 1 Padang panjang. Penelitian ini berisikan tentan meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada tunanetra. Metode peneltian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (classrom action research) .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan media Blokjes mampu meningkatkan kemampuan untuk menghitung masalah operasi penjumlahan deret kebawah. Kemampuan awal siswa tunanetra sebelum diberikan tindakan dengan nilai FJ 0 dan AR 0. Pada akhir siklus 1 kemampuan siswa FJ 40 dan AR 20. Pada siklus II kemmapuan siswa meningkat menjadi FJ 80 dan AR 77,5. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa media Blokjes dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan deret kebawah pada anak tunanetra menjadi meningkat.

Keywords


blokjes, operasi hitung, tunanetra

References


Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian , Jakarta : Rineka Cipta.

Sari, N.A. (2014). Studi Komparasi Penerapan Media Abacus dan Media Blokjes Terhadap Prestasi Belajar Matematika Anak Tuna Netra Kelas V. Jurnal Pendidikan Khusus 2(2), 110-118.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus (cara membantu mereka agar berhasil dalam pendidikan inklusif). Padang: UNP Press.

Patton. (2012). Layanan Pendidikan ABK. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Article Metrics

 Abstract Views : 1230 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 376 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.