Model Pembelajaran Langsung dalam Membuat Pot Bunga dari Semen Berbentuk Telapak Tangan Bagi Anak dengan Hambatan Kecerdasan Ringan

Monika Sucidelvina(1), Armaini Armaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini membahas tentang keterampilan membuat pot bunga dari semen berbentuk telapak tangan bagi anak tunagrahita ringan. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan model pembelajaran langsung dalam membuat keterampilan pot bunga dari semen. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen menggunakan jenis design one group pretest - postest design. Tahapan pada penelitian ini yaitu tahapan awal (pretest), tahapan kedua pemberian perlakuan (treatment), selanjutnya tahap ketiga tes terakhir  (posttest). Dari hasil penelitian data diperoleh rata-rata pada saat pretest yaitu 50,60 sedangkan untuk posttest terdapat peningkatan yakni menjadi 81,80. Data diolah lebih ilmiah menggunakan uji wilcoxon diperolah nilai rank tast antara pretest dan posttest 2,060 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,039. Hipotesis alternatif diterima karena probabilitas<dari probabilitas yang telah ditetapkan yakni 0,039 < 0,05. Jadi terbukti model pembelajaran  langsung dalam membuat keterampilan pot bunga dari semen berbentuk telapak tangan bagi anak dengan hambatan kecerdasan ringan menjadi meningkat.

Keywords


model pembelajaran langsung, pot bunga dari semen, anak dengan hambatan kecerdasan ringan

References


Fathurrohman, Muhammad. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:Ar-Ruzz

Mulyati. suhendri. (2013). Studi Perbandingan Kuat Tekanan Beton Normal Menggunakn Semen Portland Tipe I Dan Portland Composite Cement. Jurnal Momentum, 15, 2.

Sudarto. (2016). Keterampilan Dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan Dalam Persepektif Islam. ejournal.kopertais4.or.id, 1, 1

Sumekar, Ganda. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: Unp Press.

Taniredja, Turkiran. & Hidayati, M. (2011). penelitian kuantitatif. Purwokerto: Alfabeta.

Zahara, L., & Armaini, A. (2018). Penggunaan Model Explicit Intruction Untuk Keterampilan Menjahit Kancing Baju Bagi Anak yang Mengalami Hambatan Mental. Jurnal Penlitian Pendidikan Khusus, 6(2), 262-267.


Article Metrics

 Abstract Views : 1479 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 406 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.