Model Explicit Intruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tempat Permen Dari Pita Kawat Bagi Anak Tunarungu
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Abstract
Penelitian ini membahas tentang keterampilan vokasional membuat tempat permen dari pita kawat bagi anak tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen. Tujuannya adalah untuk membuktikan model explicit intruction efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat tempat permen dari pita kawat bagi anak tunarungu. Penelitian ini terdiri atas preteest, treatmen, serta postest. Kemudian digarap dan dibedakan memakai ujii Wilcoxon Rank Tast. Dari hasil penelitian data diperoleh rata-rata pada saat pretest yaitu 47,80 sedangkan untuk posttest terdapat peningkatan yakni menjadi 76,80. Data diolah lebih ilmiah menggunakan uji wilcoxon diperolah nilai rank tast antara pretest dan posttest 2,060 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,039. Probabilitas yang telah ditetapkan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena probabilitas < dari probabilitas yang telah ditetapkan yakni 0,039< 0,05. Jadi terbukti bahwa penggunaan model explicit intruction dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat tempat permen dari pita kawat bagi anak hambatan pendengaran menjadi meningkat.
Keywords
Model explicit intruction, tempat permen dari pita kawat, anak dengan hambatan pendengaran
References
Fitriawan, R. Z. (2016). Peningkatan Keterampilan Vokasional Melalui Pelatihan Cetak Sablon Kaos Bagi Anak Tunarungu Kelas XII di SLB Bakti Putra Ngawis, 895–907.
Istarani. (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.
Marlina. (2009). Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.
Oktavini, C. I. Z. (2013). E-JUPEKhu E-JUPEKhu, 1(September), 311–318.
Sumekar, Ganda. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: Unp Press.
Taniredja, Turkiran. & Hidayati, M. (2011). penelitian kuantitatif. Purwokerto: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract Views : 250 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.