Pelaksanaan Bimbingan Konseling Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di SMPN 23 Padang

Dhila Rizky Heriyani(1), Irdamurni Irdamurni(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah Inklusif SMPN 23 Padang. Sekolah ini merupakan sekolah percontohan bagi sekolah inklusif lainnya. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk anak berkebutuhan khusus disekolah tersebut, apakah bimbingan dan konseling disekolah tersebut terlaksana dengan baik atau malah sebaliknya dikeranakan adanya guru pembimbing khusus disekolah tersebut.

Metode penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang difokuskan kepada Pelaksanan, permasalahan, dan usaha yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus. Subjek penelitian adalah seluruh warga sekolah.Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.

Adapun hasil penelitian yaitu pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk anak berkebutuhan khusus tidak berjalan sebagaimana mestinya,dikarenakan disekolah tersebut sudah ada guru pembimbing khusus. Dengan adanya guru pembimbing khusus,anak berkebutuhan khusus yang mengalami masalah langsung diberi pengarahan kepada guru pembimbing khusus terlebih dahulu tidak langsung ke guru bimbingan dan konseling. Pelayanan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling untuk anak berkebutuhan khusus sama dengananaknormallainnya tanpa ada pelayanan khusus.


Keywords


bimbingan konseling, anak berkebutuhan khusus

References


Irdamurni& Rahmiati.(2015). Pendidikan Inklusif Sebagai Solusi dalam Mendidik Anak Istimewa. Bekasi: Paedea

Nasichin. (2002). Kebijakan Direktorat tentang Layanan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Direktorat PLB.

Prayitno, & Amti, E. (2009). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono.(2005). Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet

Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasarEvaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara

Tarmansyah.(2007). Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan


Article Metrics

 Abstract Views : 494 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.