Pengaruh Metode Demonstrasi Berbasis Analisis Tugas Terhadap Keterampilan Menanam Kunyit bagi Anak Down Syndrome

Ahmad Efendi(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : ind

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang anak down syndrome di kelas VIII C yang mengalami masalah yaitu belum terampil dalam menanam kunyit. Maka peneliti berupaya untuk meningkkatkan keterampilan menanam kunyit melalui metode demonstrasi berbasis analisis tugas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, dalam setiap siklus dilakukan empat kali pertemuan. Setiap pertemuan pembelajaran diadakan evaluasi untuk melihat tingkat kemampuan anak. Tahapan kerja dalam siklus, pertama perencanaan, kedua pelaksanaan tindakan, ketiga observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes, data dianalisis dengan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil tes kemampuan yang dimilik anak disetiap pertemuan didapatkan peningkatan keterampilan menanam kunyit. Adapun hasil yang didapatkan dalam delapan kali pertemuan yaitu F siklus I  28 %, 31%, 41,1%, 59%  Siklus II 66,1% , 73,5%, 79,1%, 85%. Berdasarkan dari data diatas, kesimpulan dari keterampilan menanam kunyit mengalami peningkatan yang signifikan melalui metode demostrasi berbasis analisis tugas.

Keywords


Menanam Kunyit, Metode Demonstrasi Berbasis Analisis Tugas , Down Syndrome.

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. (PT Rineka Cipta, Ed.). Jakarta.

Kemis. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Bandung: Luxima Metro Media.

Marlina. (2009). asesmen pada anak berkebutuhan khusus. Padang: UNP Press.

Suhardjono. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, 8.


Article Metrics

 Abstract Views : 263 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.