Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Video Pembelajaran Bagi Anak Tunarungu
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian membahas peningkatan kemampuan membaca kata benda pada anak tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek guru kelas. Penelitian bertujuan membuktikan media video pembelajaran meningkatkan kemampuan membaca kata benda pada anak tunarungu. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat pertemuan yang terdiri dari empat tahapan proses yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan tes perbuatan yang dianalisis secara kualitatif.
Penelitian ditemukan bahwa pendekatan pembelajaran dengan media video pembelajaran terkait dalam meningkatkan kemampuan membaca kata benda menjadi meningkat. Hasil akhir yang diperoleh yaitu MZ dengan rata-rata 85% dan AQ 80%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca kata benda pada anak tunarungu.Keywords
References
Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ermanto. (2008). Keterampilan Membaca Cerdas. Padang: Unp Press.
Irdamurni, I., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Taufan, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 29-32.
Irdamurni, I. (2018). THE EFFECT OF MINGLE MODEL TO IMPROVE READING SKILLS FOR STUDENTS WITH DYSLEXIA IN PRIMARY SCHOOL. Journal of ICSAR, 2(2).
Jumiati, I. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda, 1.
Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Kembangan: Jakarta Barat.
Pramudito, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Di Smk Muhammadiyah 1 Playen, 55–60.
Article Metrics
Abstract Views : 2327 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 888 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.