Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika bagi Anak Berkesulitan Belajar
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang 
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : id
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar kelas II di SDN 09 Koto Luar, Padang. Subjek penelitian adalah siswa berkesulitan belajar berjenis kelamin laki-laki yang berada di kelas II SDN 09 Koto Luar, Padang. Metode penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa intervensi menggunakan realistic mathematics education memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa berkesulitan belajar. Hasil tersebut dibuktikan dengan persentase overlape dari perbandingan intervensi (B) : Baseline (A1) diperoleh hasil 0% dan intervensi (B) : Baseline (A2) di peroleh hasil sebesar 50%. Dari persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa realistic mathematics education efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar.
Keywords
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Adi, S., & Riyadi. (2014). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Geometri, 2.
Sunanto, J. (2006). penelitian dengan subjek tunggal. bandung: upi press.
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik Teori Pengembangan dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Murtiyasa, & Rizka. (2016). Pengaruh Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 515–516.
Article Metrics
Abstract Views : 429 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 151 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.