Pelaksanaan Tahfizd Al-Qur’an Bagi Anak Tunanetra Di Sekolah Berasrama Di SLB A Payakumbuh
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : Id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tahfizd al-qur'an bagi anak-anak tunanetra di sekolah berasrama di SLB A Payakumbuh yang mencakup pelaksanaan, hambatan dan solusi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru di asrama dan informan penelitian ini dari tiga orang. Teknik pengumpulan data yang bersifat umum, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Tahfizd al-qur'an dilakukan dengan persiapan mengumpulkan anak dengan mengetahui hafalan yang telah diberikan, mengelompokkan anak-anak sesuai dan melakukan penyetoran, dan diakhiri dengan bacaan senandung al -qur'an. Tahfizd al-qur'an dilakukan dengan menggunakan metode wahdah, metode sima'i, dan metode jama'yang didukung oleh faktor pendukung berupa al-qur'an digital, al-qur'an braile dan mp3, dan juga bentuk-bentuk yang dilakukan yang membentuk bacaan ayat-ayat yang dibacakan secara otomatis kemudian disambung anak. Hambatan yang ditemui berupa anak-anak malas, anak yang suka bermain-main saat tahfizd dan solusi yang dilakukan dengan memberikan bantuan dan nasehat
Keywords
References
Hendriyenti. (2014). Pelaksanaan Program Boarding School Dalam Pembinaan Moral Siswa Di Sma Taruna Indonesia Palembang. Ta’dib, XIX XIX(2), 203–226. Retrieved from palembang
Ismail, A. A. dan H. (2016). Metode Tahfizd Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Usluhuddin, 24(1), 91–102.
Keswara, I. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur ’ an, 6, 62–73.
Sholikhah. (2017). proses pembelajaran tahfizd al-qur’an dengan metode dzikroni di pondok pesantren adh-dhuha gentan baki sukoharjo. institut agama islan negeri surakarta.
Wajdi, F. (2008). Tahfîz Al-Qur' An Dalam Kajian ‘ Ulûm Al-Qur'an Sekolah Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri ( Uin ) Syarif Hidayatullah Jakarta 1429 H / 2008 M. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Zakiyah, N. K., & Hs, A. K. (2016). Sistem Pembelajaran Tahfidh Al- Qur ’ an di Pondok Pesantren : Studi Naturalistik di Madrasah Aliyah At-Taqwa Ujung Harapan Bekasi, 12(1), 35–54.
Article Metrics
Abstract Views : 663 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 194 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.