Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Anak Diskalkulia
(1) universitas negeri padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : id
Abstract
penelitian ini membahas tentang peningkatkan kemampuan operasi hitung soal cerita pada anak diskalkulia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek guru kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pendekatan realistic mathematics education meningkatkan kemampuan operasi hitung soal cerita pada anak diskalkulia. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat pertemuan yang terdiri dari empat tahapan proses yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi dan tes perbuatan yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pendekatan pembelajaran dengan realistic mathematics education terkait materi operasi hitung soal cerita menjadi meningkat.
Keywords
References
Am, M. (2015). Pengembangan Kognitif Jean Piaget Dan Peningkatan Belajar Anak Diskalkulia., Http://Jurnalki.Uinsby.Ac.Id/Index.Php/Jurnalki/Article/View/38/32.
Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian , Jakarta : Rineka Cipta.
Fauzan, A. (2002). Applying Realistic Mathematics Education (Rme) In Teaching Geometry In Indonesian Primary Schools, University Of Twente [Host].
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen Dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini Dan Usia Sekolah., Bogor: Ghalia Indonesia
Article Metrics
Abstract Views : 560 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 244 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.