Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Anak Diskalkulia

Kasmawati Kasmawati(1), Irdamurni Irdamurni(2),
(1) universitas negeri padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


penelitian ini membahas tentang peningkatkan kemampuan operasi hitung soal cerita pada anak diskalkulia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek guru kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pendekatan realistic mathematics education meningkatkan kemampuan operasi hitung soal cerita pada anak diskalkulia. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat pertemuan yang terdiri dari empat tahapan proses yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi dan tes perbuatan yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pendekatan pembelajaran dengan realistic mathematics education terkait materi operasi hitung soal cerita menjadi meningkat.


Keywords


Diskalkulia, pendekatan realistic mathematics education, kemampuan operasi hitung

References


Am, M. (2015). Pengembangan Kognitif Jean Piaget Dan Peningkatan Belajar Anak Diskalkulia., Http://Jurnalki.Uinsby.Ac.Id/Index.Php/Jurnalki/Article/View/38/32.

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian , Jakarta : Rineka Cipta.

Fauzan, A. (2002). Applying Realistic Mathematics Education (Rme) In Teaching Geometry In Indonesian Primary Schools, University Of Twente [Host].

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen Dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini Dan Usia Sekolah., Bogor: Ghalia Indonesia


Article Metrics

 Abstract Views : 522 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 235 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.